Ditinggal Penghuni, Rusunawa di Cimahi Banyak Sisakan Kamar Kosong 

Adi Haryanto · Senin, 28 Maret 2022 - 14:20:00 WIB
Ditinggal Penghuni, Rusunawa di Cimahi Banyak Sisakan Kamar Kosong 
Sejumlah kamar sewa di Rusunawa di Kota Cimahi banyak yang kosong akibat penghuni memilih keluar akibat kesulitan membayar sewa sebagai imbas dari pandemi Covid-19. (Foto: Dok)

CIMAHI, iNews.id - Sejumlah penghuni Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Kota Cimahi banyak tak melanjutkan sewa. Kondisi itu terjadi di tiga Rusunawa yang dikelola UPTD Rusunawa, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi.

Kepala UPTD Rusunawa, DPKP Kota Cimahi, Firmansyah menyebutkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan sejumlah penghuni tersebut tidak melanjutkan sewa. Seperti karena sudah tidak mampu membayar uang sewa bulanan, imbas pandemi Covid-19, atau bahkan karena sudah punya hunian sendiri.

"Penyebabnya banyak, tapi yang paling dominan karena tidak bisa bayar sewa. Daripada jadi beban tunggakan, karena ekonomi terdampak Covid-19, mereka biasanya tinggal lagi sama keluarganya," ucapnya, Senin (28/3/2022).

Berdasarkan data, dari 858 hunian di tiga Rusunawa di Kota Cimahi, tercatat hanya 761 kamar yang terisi dan 97 kamar kosong. Seperti di Rusunawa Cibeureum dari 371 hunian yang terisi 313 kamar. Kemudian di Rusunawa Cigugur Tengah dari 191 hunian yang terisi 186 kamar, dan di Rusunawa Leuwigajah dari total 296 hunian yang terisi hanya 230 kamar.

Menurutnya, pada kondisi normal biasanya Rusunawa penuh terisi, walaupun terkadang fluktuatif ada yang masuk dan keluar. Terutama di masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir, banyak para penyewa yang kebanyakan dari kalangan seperti pedagang, buruh pabrik hingga tukang ojek online, penghasilannya terdampak.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: