Disparbud Majalengka Kaji Penyebab Pasti Robohnya Gerai ODTW Senilai Rp4 Miliar

Inin nastain ยท Selasa, 09 November 2021 - 17:09:00 WIB
Disparbud Majalengka Kaji Penyebab Pasti Robohnya Gerai ODTW Senilai Rp4 Miliar
Kepala Disparbud Majalengka Iding Solehudin segera mengkaji insiden ambruknya gerai ODTW yang dibangun dengan biaya Rp4 miliar. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Majalengka masih mencari tahu penyebab pasti robohnya proyek bangunan gerai di ODTW Panyaweuyan, Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Dugaan sementara insiden itu dipicu tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut. 

Kepala Disparbud Iding Solehudin mengatakan, untuk sementara, musibah itu diduga dipicu curah hujan yang mulai sering turun di daerah itu. Namun, pihaknya ingin mengetahui pemicu secara pasti.

"Kejadiannya untuk sementara ini kami masih menunggu hasil kajian-kajian dari institusi apakah itu masuk ke force majeure atau gimana, kita tunggu juga yah," kata Iding seusai rapat dengan Komisi 2 dan 3 DPRD Majalengka, Selasa (9/11/2021).

Diakuinya, saat kejadian, di daerah tersebut memang sempat turun hujan. Namun, pihaknya menginginkan kajian ilmiah terkait kemungkinan lain terkait penyebab robohnya bangunan itu.

"Memang pada saat malam Sabtu (kejadian) itu terjadi hujan yang cukup lebat. Itu sementara mah yah kalau dari kami, tapi kan kalau secara kajian-kajian belum tentu itu diakibatkan oleh curah hujan tinggi," kata dia.

"Nanti kita lihat aja dan kita tunggu juga hasil kajiannya seperti apa. Insya Allah kami akan lanjutkan (pembahasan) besok dengan konsultan perencana, konsultan pengawas sekaligus pelaksana," kata dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: