Disparbud Jabar Awasi Ketat Objek Wisata, Rapid Test Acak Digelar di 54 Titik

Agung Bakti Sarasa, Sindonews ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:25:00 WIB
Disparbud Jabar Awasi Ketat Objek Wisata, Rapid Test Acak Digelar di 54 Titik
Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik. (Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa).

BANDUNG, iNews.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mengawasi ketat sejumlah objek wisata untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Rapid test acak pun digelar di 54 titik selama libur panjang.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik mengaku menyusuri sejumlah objek wisata dalam beberapa hari terakhir ini untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Selain objek wisata, Disparbud juga memantau hotel dan restoran, termasuk area publik yang tidak berbayar.

"Kami monitor sekaligus melihat kesiapan ke tempat destinasi wisata dari wilayah barat hingga timur Jabar sampai Pangandaran. Di public space, kami juga sudah bagikan masker dan edukasi," kata Dedi, Kamis (29/10/2020).

Sebelum terjun langsung melakukan pemantauan, sejumlah kepala dinas di kabupaten/kota serta elemen terkait, termasuk divisi penanganan kesehatan rutin melakukan rapat persiapan menghadapi libur panjang di tengah pandemi.

Dengan langkah tersebut, Dedi memastikan bahwa protokol kesehatan sudah banyak diterapkan oleh pelaku industri pariwisata, mulai dari pengecekan suhu tubuh, pembatasan kapasitas pengunjung, hingga pembenahan infrastruktur pendukung.

"Tempat cuci tangan di destinasi wisata alam, hotel, dan restoran sudah banyak tersedia. Penggunaan masker dan pesan tempat secara online juga sudah berlaku," kata Dedi.


Editor : Faieq Hidayat