Diskanak Purwakarta Temukan Penyakit Cacing Hati pada Hewan Kurban

Asep Supiandi, Sindonews ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 15:55 WIB
Diskanak Purwakarta Temukan Penyakit Cacing Hati pada Hewan Kurban
Petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta sedang memeriksa bagian jeroan sapi kurban. Dalam beberapa pemeriksaan, petugas menemukan cacing pada beberapa sapi dan domba. (Foto SINDONews/Asep Supiandi).

PURWAKARTA, iNews.id - Petugas Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menemukan penyakit cacing hati saat pemotongan hewan kurban Idul Adha. Temuan kasus cacing hati itu di pemotongan hewan kurban, Perum Bukit Panorama Indah, Kelurahan Ciseureuh.

Petugas Diskanak Kabupaten Purwakarta, Ari Citra Utami mengatakan, beberapa hati yang diperiksa tampak dari warna maupun tekstur agak lebam. Begitu dipotong terlihat cacing berbentuk pipih banyak bersarang di bagian dalam hati.

Petugas kesehatan hewan Diskanak pun memisahkan bagian hati yang bercacing itu. Petugas juga memberikan sosialisasi agar lebih teliti dalam memperlakukan jeroan hewan kurban.

Selain itu, warga pun diberi pemahaman terutama ciri-ciri fisik bagian hati yang bercacing.

"Kami menemukan kasus sapi cacingan pada beberapa ekor hewan kurban. Selanjutnya hati sapi yang terinfeksi itu dipisahkan untuk tidak didistribusikan. Banyak warga yang tidak mau mengambil risiko, yakni dengan membuang bagian hati yang bercacing itu," katanya, Jumat (31/7/2020).


Editor : Faieq Hidayat