Dinkes KBB Siap Laksanakan Rapid Test Antigen terhadap Wisatawan

Adi Haryanto · Sabtu, 26 Desember 2020 - 16:15:00 WIB
Dinkes KBB Siap Laksanakan Rapid Test Antigen terhadap Wisatawan
Salah satu objek wisata yang ada di Lembang, KBB. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap melaksanakan rapid test antigen terhadap wisatawan yang berkunjung ke sejumlah wisata di KBB pada libur tahun baru. Saat ini, dinkes tengah menyiapkan formulasi teknis pelaksanaan. 

"Kami sudah dapat instruksi dari Bupati (Aa Umbara Sutisna) soal rapid test antigen. Sekarang Dinkes dan Satgas Covid-19 KBB sedang merancang teknis di lapangan nanti seperti apa," kata Kepala Dinkes KBB Hernawan Widjajanto saat dikonfirmasi, Sabtu (26/12/2020).

Menurutnya, kajian dibutuhkan mengingat tempat wisata yang biasanya ramai dikunjungi kawasan Lembang. Namun itupun tidak semua, hanya di beberapa objek wisata.

Hernawan mengemukakan, jika wisatawan membawa surat hasil rapid test antigen dan hasilnya negatif, tidak wajib. Sebab, di beberapa wilayah perbatasan dan rest area tol juga telah dilaksanakan rapid test antigen. 

"Gambarannya mungkin rapid test antigen ini dilakukan secara acak. Seperti saat kami melakukan rapid dan swab test ke pengunjung wisata di kawasan Lembang beberapa waktu lalu (libur panjang pada Oktober 2020)," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2