Diminta Ridwan Kamil Setop Pembangunan Perumahan di Lembang, Bupati Bandung: Saya Cek Dulu

Yuwono ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 13:47 WIB
Diminta Ridwan Kamil Setop Pembangunan Perumahan di Lembang, Bupati Bandung: Saya Cek Dulu
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Rabu (15/1/2020) (Foto: iNews/ Yuwono)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyurati Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna untuk menghentikan pembangunan Pramestha Resort Town, yang berlokasi di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Aa Umbara mengatakan akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Dia mengaku sudah menerima surat tertanggal 31 Desember 2019 dari Ridwan Kamil tersebut. Pihaknya tidak ingin gegabah menghentikan proyek.

"Saya akan cek dulu dan secepatnya saya pasti turun," kata Aa Umbara, Rabu (15/1/2020).

BACA JUGA:

Gudang Pampers di Cirebon Terbakar, Diduga akibat Korseleting Listrik

Puluhan Tuna Netra Gelar Aksi di Trotoar, Protes Peralihan Wyata Guna Bandung dari Panti Jadi Balai

Aa Umbara mengatakan akan mengecek ke jajarannya mengenai izin zonasi pembangunan itu. Dia mengatakan ingin mengkonfirmasinya agar lebih jelas.

"Hari ini juga akan ngecek apa perizinan ada, apa yang membahayakan," katanya.

Dia menargetkan turun langsung ke lapangan pada pekan depan. Dia akan mengecek langsung dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Senin atau Selasa saya turun," ucapnya.

Pembangunan perumahan di Lembang, Rabu (15/1/2020) (Foto: iNews/ Yuwono)
Pembangunan perumahan di Lembang, Rabu (15/1/2020) (Foto: iNews/ Yuwono)

Pembangunan Pramestha Resort Town disebut tidak dilengkapi rekomendasi gubernur sebagaimana aturan Perda Nomor 2 tahun 2016 tentang Pedoman Pengendalian KBU Sebagai Kawasan Strategis Provinsi Jawa Barat. Diduga ada pelanggaran teknis yang tidak sesuai arahan zonasi karena pembangunan di zona KBU yang dilarang untuk perumahan baru pada lokasi garis kontur di atas 1000 mdpl.

Apalagi bangunan tersebut berada pada lahan dengan kemiringan lereng di atas 30%. Namun hal tersebut dibantah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB.

Perizinan diklaim sudah sesuai perizinan, seperti Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) hingga Izin mendirikan bangunan (IMB). Ada rekomendasi gubernur saat itu, yakni saat Danny Setiawan menjabat sebagai Gubernur Jabar periode tahun 2003 sampai 2008.

"Saya lihat dari dokumen, sebelum perumahan itu dibangun IMB, site plan, amdal, izin lokasi, hingga rekomendasi gubernurnya, semuanya ada," kata Kepala DPMPTSP KBB, Ade Zakir.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq