Daop 2 Bandung Tutup 10 Perlintasan Kereta Api Sebidang Ilegal

Arif Budianto ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:17:00 WIB
Daop 2 Bandung Tutup 10 Perlintasan Kereta Api Sebidang Ilegal
Sosialisasi keselamatan di Perlintasan Sebidang JPL 156 Km 152+375 Stasiun Andir Jalan Ciroyom No 1 Andir Kota Bandung. (Foto/SINDOnews/Arif Budianto).

BANDUNG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, Jawa Barat menutup 10 perlintasan sebidang ilegal selama periode Januari hingga Oktober 2020. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung Iwan Eka Putra mengatakan saat ini terdapat 553 perlintasan KA sebidang. Dari jumlah itu, 112 perlintasan sebidang dijaga dan 441 tidak dijaga.

"Sampai awal Oktober tahun ini, KAI sudah menutup 10 perlintasan sebidang tidak resmi dengan tujuan untuk normalisasi jalur KA dan peningkatan keselamatan perjalanan KA," kata Iwan, Rabu (14/10/2020).

Selain menutup perlintasan sebidang, KAI melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang JPL 156 Km 152+375 Stasiun Andir Jalan Ciroyom No 1 Andir Kota Bandung. Sosialisasi kolaborasi antara stakeholder karena keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan membentangkan spanduk dan membagikan stiker yang berisi peraturan dan tata cara berkendara saat melewati perlintasan sebidang, beserta peraturan-peraturan yang mengatur. Imbauan juga disampaikan melalui pengeras suara agar pengguna jalan selalu berhati-hati.

"Sosialisasi keselamatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang. Sehingga harapannya angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan,” ujar Iwan Eka Putra.


Editor : Faieq Hidayat