Dahyatnya Banjir Bandang di Lembang KBB, Jebol Rumah dan Rusak Aspal Jalan 

Adi Haryanto · Selasa, 28 Desember 2021 - 18:01:00 WIB
Dahyatnya Banjir Bandang di Lembang KBB, Jebol Rumah dan Rusak Aspal Jalan 
Rumah warga yang jebol akibat diterjang banjir bandang yang melanda Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, setelah sebelumnya turun hujan deras. (Foto/Dok.Warga)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Satu rumah mengalami rusak parah, dindingnya jebol diterjang banjir bandang di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Banjir bandang juga mengakibatkan rumah warga kebanjiran terutama di daerah aliran banjir, termasuk juga merusak aspal jalan desa sepanjang sekitar 300 meter. 

"Rumah warga yang dindingnya jebol milik Endang di Kampung Legok Barong RT 4/14. Karena material air dan lumpur masuk ke rumah, keluarga itu sempat diungsikan ke kerbatnya," terang Kepala Desa Suntenjaya Asep Wahyono, Selasa (28/12/2021).

Dia mengatakan, banjir bandang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB ketika hujan deras menerjang wilayah Lembang, Senin (27/12/2021). Banjir bandang berasal dari perbukitan yang karena debitnya tinggi dan tidak ada saluran pembuangan, air melimpah ke jalan permukiman warga.

Sehingga banjir lumpur itu merusak aspal jalan desa di Kampung Gandok RW 1. Aspal jalan mengelupas dan terbawa derasnya arus air, sehingga ketika air surut jalan menjadi rusak dan juga dipenuhi lumpur. Warga kemudian kerja bakti melakukan pembersihan lingkungan dan rumah mereka. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: