Daftar Relawan Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil: Tak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Agung Bakti Sarasa, Sindonews ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 18:30 WIB
Daftar Relawan Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil: Tak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Foto: iNews/Juhpitameilana)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku sudah mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 asal China. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu didaftarkan tim kesehatannya secara online.

"Receive online atau tanda buktinya sudah ada, nanti saya posting juga," ujar Kang Emil di Bandung, Senin (10/8/2020).

Meski begitu, Kang Emil masih menunggu pengumuman apakah layak atau tidak menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac. "Diterimanya masih belum karena menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain bahwa saya layak dan siap jadi relawan. Dari sisi pendaftaran sudah," katanya.

Kang Emil pun berharap, proses dirinya menjadi relawan berjalan lancar. Jika ternyata dianggap layak, dia akan melaksanakannya sesuai prosedur tanpa keistimewaan. Sebaiknya, jika tidak, dia pun memakluminya karena hal itu berhubungan dengan faktor kesehatan.

"Kalau pemimpinnya ikut (menjadi relawan), ya rakyatnya yakin bahwa semuanya berproses secara ilmiah. Jadi tidak ada istilah "oh rakyat dikorbankan, pemimpinnya aja gak yakin, masa rakyatnya harus ikutan". Gak, semuanya juga ikutan. Makanya gubernur juga ikutan dalam proses ini," ujar dia.


Editor : Faieq Hidayat