Cuaca Ekstrim, Ribuan Ikan Mas di Kuningan Mati Mendadak

Toiskandar ยท Sabtu, 11 November 2017 - 12:51:00 WIB
Cuaca Ekstrim, Ribuan Ikan Mas di Kuningan Mati Mendadak
Warga mengumpulkan ribuan bangkai ikan yang mati mendadak akibat cuaca ekstrim di Kuningan, Jawa Barat. (foto:iNews/Toiskandar)

KUNINGAN, iNews.id - Sebanyak kurang lebih enam ton ikan mas milik para petani jala apung, Waduk Darma di Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat ditemukan mati mendadak pada Sabtu (11/11/2017), pagi. Matinya ikan milik para petani jala apung ini diduga karena cuaca ekstrim sehingga ikan kekurangan oksigen. Akibatnya petani tambak mengelami kerugian mencapai hingga ratusan juta rupiah.

Sejumlah petani ikan jala apung nampak sibuk memisahkan ikan yang masih hidup ke tempat lain. Sementara ikan yang sudah mati di masukan ke dalam karung. Nantinya, ikan-ikan mati tersebut akan di jual kepada warga setempat dengan harga murah.

Pergantian musim pancaroba diduga mengakibatkan ikan-ikan ini kekurangan oksigen. Selain itu, kondisi tersebut diperparah dengan adanya arus balik di dasar waduk. Akibatnya, sisa pakan yang mengendap di dasar sungai terdorong ke jaring apung.

Ketua Forum Jala Apung Waduk Darma, Umar Hidayat mengungkapkan, para petani tambak hanya bisa pasrah dengan kondisi ikan yang sudah mati itu. Diperkirakan jika cuaca masih buruk dan hujan masih lebat, kondisi ini akan bertambah parah.

“Penyebabnya yaitu cuaca, karena menghadapi perubahan musim dari kemarau ke musim hujan. Hal itu menyebabkan iklim di sini jadi sangat dingin. Di kedalaman tiga meter itu jadinya tidak ada oksigen,” ujar Umar.

Akibat matinya ikan secara mendadak ini, petani ikan terpaksa menjual ikan-ikan tersebut kepada warga dengan harga yang sangat murah. Yaitu hanya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000 perkilogramnya. Padahal ikan dalam kondisi segar biasanya bisa dijual dengan harga Rp 17.000 perkilogramnya.  

Editor : Himas Puspito Putra

Bagikan Artikel: