Cuaca Cerah, Puncak Super Blood Moon Terlihat Jelas di Lembang KBB

Adi Haryanto ยท Rabu, 26 Mei 2021 - 19:48:00 WIB
Cuaca Cerah, Puncak Super Blood Moon Terlihat Jelas di Lembang KBB
Penampakan Super Blood Moon yang teramati melalui screen yang dipasang oleh pihak BMKG Bandung di lokasi pengamatan Lereng Anteng, Lembang, KBB, Rabu (26/5/2021) malam. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Fenomena alam gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon terlihat jelas di Lereng Anteng, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (26/5/2021) malam. Cuaca sangat mendukung pengamatan fenomena alam itu.

"Saat puncak pengamatan tadi kita semua bisa lihat dengan jelas pergerakan bulannya," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Teguh Rahayu kepada wartawan di lokasi pengamatan.

Pengataman puncak GBT Super Blood Moon ini terjadi sekitar pukul 18.11 hingga pukul 18:18 WIB. Selama proses pengamatan kondisi cuaca sejak sore hingga malam cerah, sehingga pergeseran bulan bumi bisa terlihat jelas.

"Tadi kita amati sejak fase awal pukul 15.40 WIB, lalu memasuki fase puncak di pukul 18.09 dan puncak gerhananya pukul 18.18 hingga berakhir pukul 18.28," sambungnya.

Menurutnya meski sedikit samar, secara keseluruhan puncak gerhana terlihat jelas dilihat melalui mata telanjang. Masyarakat yang datang juga bisa melihat dengan jelas di screen yang disediakan karena terkoneksi dengan lensa pengamatan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: