Cerita Penggali Kubur saat Pandemi, Ada Suara Memanggil dari Tanah yang Digali

Asep Supiandi · Rabu, 28 Juli 2021 - 11:08:00 WIB
Cerita Penggali Kubur saat Pandemi, Ada Suara Memanggil dari Tanah yang Digali
Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Purwakarta dilakukan pada malam hari. (Foto: iNews.id/Asep Supiandi)

PURWAKARTA, iNews.id – Banyaknya kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Purwakarta telah meninggalkan pengalaman unik bagi para pengali kubur. Mereka sempat mengalami suasana mistis dan cerita horor saat mengali liang lahat atau setelah proses pemakaman.

Tak jarang dari para penggali kubur ini harus terbawa oleh suasana dan dilanda ketakutan luar biasa setelah beberapa hari menguburkan jenazah pasien Covid-19. Situasi seperti itu dirasa sangat jauh berbeda dengan memakamkan jenazah biasa. Meskipun hal-hal ganjil juga sering mereka temukan sebelum Covid-19 mewabah. 

Salah satu penggali kubur di Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, mau berbagi cerita seputar pengalamannya memakamkan jenazah pasien Covid-19. Dia adalah Ali Tahriman bersama tiga rekannya yang lain. 

Menurut Ali, suasana dirasa cukup mencekam jika proses pemakaman dilakukan malam hari. Bagi petugas penggali menjadi paling awal datang ke permakaman karena harus menggali liang lahat. Pihak rumah sakit baru akan mengirimkan peti mati berisi jenazah setelah liang lahat selesai.

"Selama proses penggalian itulah sempat mengalami hal-hal yang berbau mistis. Pernah satu waktu ketika saya masih menggali sendirian di bawah, terdengar ada yang memanggil-manggil. Tadinya dikira rekan saya yang sedang beristirahat di atas yang memanggil. Tapi ketika dipastikan ternyata bukan. Gimana ya, suaranya kadang sayup-sayup, tapi kadang sangat jelas. Anehnya suara itu tidak didengar oleh teman saya," kata Tatang.

Ketika itu dia tidak membicarakannya kepada rekannya, khawatir mereka ketakutan. Apalagi penggalian makam belum selesai. Baru diceritakan pengalaman itu kepada rekannya setelah proses pemakaman selesai dan bersantai di rumah.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2