Cegah Tumbang saat Cuaca Ekstrem, 2.532 Pohon di Kota Bandung Dipangkas

Arif Budianto ยท Minggu, 09 Oktober 2022 - 19:04:00 WIB
Cegah Tumbang saat Cuaca Ekstrem, 2.532 Pohon di Kota Bandung Dipangkas
Pohon peneduh jalan menjadi perhatian Pemkot Bandung saat cuaca ekstrem. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung telah memangkas 2.532 pohon dan 59 pohon ditebang. Pemangkasan hingga Oktober 2022 itu salah satunya untuk mengantisipasi pohon tumbang saat cuaca ekstrem.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina menyampaikan, kegiatan pemeliharaan dan pengendalian pohon selama ini adalah pemangkasan pohon yang menghalangi rambu lalu lintas, PJU, rawan tumbang, dan yang menghalangi CCTV. 

"Kita setiap hari kerja melaksanakan pemangkasan pohon. Tidak menunggu kejadian terus dilaksanakan pemangkasan. Tapi kita juga perlu membereskan bekas-bekas pohon tumbang dan mengangkutnya juga perlu waktu," ujar Roslina, Minggu (9/10/2022). 

Tak hanya menebang dan memangkas, DPKP3 juga menggalakkan program penghijauan atau penanaman pohon di Kota Bandung. Program ini bahkan melibatkan beragam pihak. Program penghijauan (penanaman) dan distribusi bibit berdasarkan permintaan dari kewilayahan sampai dengan triwulan III 2022 sebanyak 1.746 bibit pohon. 

"Lalu, jumlah bibit pohon yang diterima dari partisipasi warga sampai dengan triwulan III 2022 sebanyak 2.429 pohon," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: