Cegah Penularan Covid-19, Pendatang dari Luar Kota Jalani Rapid Test di GT Baros Cimahi

Adi Haryanto ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 15:00:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Pendatang dari Luar Kota Jalani Rapid Test di GT Baros Cimahi
Petugas Dinkes Kota Cimahi melakukan rapid test kepada pendatang yang hendak ke Cimahi di pintu Tol Baros I, Jumat (30/10/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

CIMAHI, iNews.id - Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kota Cimahi melakukan rapid test acak di Gerbang Tol (GT) Baros I dan Cimahi Mall Jumat (30/10/2020). Upaya itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang dibawa pendatang dari luar kota ke Cimahi.

"Rapid test dilakukan khusus kepada pendatang. Apalagi sekarang kan libur panjang banyak pendatang dari luar ke Cimahi, semoga tidak jadi sumber penularan baru," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Cimahi Maria Fitriana di sela pemeriksaan.

Berdasarkan pantauan, kendaraan yang dihentikan mereka yang pelat nomor luar daerah. Mereka langsung diarahkan ke petugas kesehatan yang sudah membuka posko, untuk dilakukan rapid test tanpa dipungut biaya alias gratis. "Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan jangan sampai Cinahi jadi zona merah lagi," ujar dia.

Oleh sebab itu, kata dia, sasaran dari prioritas rapid test gratis saat libur panjang ini adalah warga yang datang dari luar daerah yang bahaya penularan Covid-19 tinggi. Seperti dari Jabodetabek dan sekitarnya yang masih banyak zona merahnya.


Editor : Agus Warsudi