Cegah Banjir di Jabar, Ini Proyek yang Sedang Dikebut

Muhammad Fida Ul Haq ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 10:19 WIB
Cegah Banjir di Jabar, Ini Proyek yang Sedang Dikebut
Ridwan Kamil (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan ada beberapa proyek yang terus diselesaikan untuk mencegah banjir. Proyek-proyek tersebut di antaranya fload way Cisangkuy, danau retensi Cieunteung, bedungan Ciawi-Sukamahi.

"Sesuai arahan Presiden beberapa pekerjaan dikebut tahun ini. Untuk wilayah cekungan Bandung kita memastikan terowongan curug jompong sudah beroperasi, kemudian ini, fload way Cisangkuy Insya Allah Oktober ini selesai, lalu danau retensi Cieunteung sudah selesai dan akan dilanjutkan pembangunan danau retensi daerah Andir Baleendah," kata Ridwan Kamil seperti dilihat dari situs Pemprov Jabar, Selasa (14/1/2020).

BACA JUGA:

Jumlah Pengungsi Banjir Bandang dan Longsor di Sukajaya Bogor Melonjak

Bupati Bogor Berikan Trauma Healing ke Warga Korban Banjir Bandang di Sukajaya

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan pihaknya juga melakukan normalisasi sungai. Terkait sungai yang hilirnya menuju ke Jakarta, Kang Emil sedang menyiapkan beberapa bendungan.

"Untuk banjir wilayah hilir yang sungainya mengarah ke Jakarta, bendungan Ciawi Sukamahi juga sedang dikebut, untuk banjir Bekasi kita akan bangun bendungan di daerah muara singai Cileungsi dan sungai Cikeas, sementara penanganan banjir Karawang tahun ini akan dibangun bendungan Cibeet" ujar Kang Emil.

Floadway Cisangkuy diharapkan selesai pada Oktober 2020. Banjir di kawasan Bandung diprediksi berkurang dengan infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq