Burung Macau, Nuri Bayan, dan Kakaktua Berharga Rp250 Juta di Lembang Park and Zoo Raib

Adi Haryanto ยท Senin, 23 Mei 2022 - 22:31:00 WIB
Burung Macau, Nuri Bayan, dan Kakaktua Berharga Rp250 Juta di Lembang Park and Zoo Raib
Petugas Inafis Polres Cimahi melakukan olah TKP di Lembang Park Zoo terkait hilangnya lima ekor burung langka. (FOTO: ADI HARYANTO)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Objek wisata Lembang Park and Zoo kehilangan sejumlah koleksi hewan jenis burung yang ada di dalam aviary atau kandang burung. Hilangnya dua burung berharga total Rp250 juta tersebut diketahui pada Senin (23/5/2022).

Burung yang dilaporkan hilang antara lain, 2 ekor burung Macau Blue and Gold, 1 ekor Scarlet Macaw, 1 ekor Nuri Bayan Betina dan 1 ekor Kakaktua Goffin. Total nilai lima ekor burung langka tersebut mencapai sekitar Rp250 juta.

"Sejauh ini diketahui yang hilang ada lima jenis, yakni tiga ekor burung tidak dilindungi dan dua ekor yang dilindungi," kata dokter hewan Lembang Park and Zoo Lutfi, Senin (23/5/2022).

Atas kejadian tersebut, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak berwajib untuk mengusut kasus hilangnya koleksi satwa ini. "Kami sudah laporkan kasus kehilangan (burung) dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," ujarnya.

Wakapolres Cimahi Kompol Niko N Adiputra membenarkan informasi hilangnya kelima burung tersebut. Menurutnya kemungkinan besar satwa tersebut hilang karena dicuri. Pihaknya juga sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Namun pihaknya belum bisa memastikan cara pelaku masuk ke dalam aviary yang sudah dikunci menggunakan gembok tersebut. Namun ada kecurigaan karena gembok yang digunakan untuk mengunci kadang burung berukuran besar itu hilang.

Sejauh ini pihak manajemen belum bisa memastikan waktu terjadinya aksi pencurian burung tersebut. Hanya saja berdasarkan keterangan sementara, pada Minggu (22/5/2022) hingga pukul 19.00 WIB burung-burung itu masih terlihat di dalam aviary.

"Ada gembok yang hilang, tapi belum dipastikan rusak atau tidak. Sekarang kami masih melakukan pemeriksaan terhadap belasan saksi-saksi," kata Wakapolres Cimahi.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: