Bupati Purwakarta Tutup Aktivitas Galian C Penyebab Jalan Belepotan Lumpur

asep mulyana ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 16:30:00 WIB
Bupati Purwakarta Tutup Aktivitas Galian C Penyebab Jalan Belepotan Lumpur
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menutup galian C penyebab jalan blepotan di Citapen, Purwakarta. Foto: iNews.id/Asep Mulyana

PURWAKARTA, iNews.id - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menutup sementara aktivitas dua galian C ilegal di Citapen dan Cilalawi, Kecamatan Sukatani Purwakarta, Senin (26/1/2021). Penutupan ini menyusul banyaknya keluhan warga atas dampak terhadap jalan arteri yang belepotan lumpur serta tanah merah

Anne pun sempat mendatangi pengelola galian C dan meminta mereka menutup aktivitas penambangan tanah merah. Pihak pengelola pun berjanji kepada bupati akan menuruti permintaan penutupan tersebut.

"Hari ini, kita bersama instansi terkait datang ke lokasi galian tanah merah. Ternyata ada dua titik, yaitu di Citapen dan Cilalawi, Kecamatan Sukatani. Aktivitas galian tanah merah ini ternyata ilegal," ujar Anne.

Dia menyebutkan, galian tanah merah yang di Citapen ini, sudah beroperasi selama dua bulan terakhir. Sebelumnya, galian ini juga sempat ditutup paksa. Ketika itu, penghentian aktivitas ini dilakukan bersama unsur dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Polres Purwakarta dan  Satpol PP. 

"Namun, mereka masih membandel. Bahkan, kucing-kucingan dengan petugas. Pada hari ini ada komitmen bersama. Jika pengelola tetap nakal, maka akan ada sanksi tegas. Sanksinya merujuk pada komitmen bersama dan diserahkan kepada aparat kepolisian," tutur Anne.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2