Bupati Bogor Geram, Rhoma Irama Tetap Manggung di Pamijahan meski Dilarang

Sindonews, SM Said ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 23:45:00 WIB
Bupati Bogor Geram, Rhoma Irama Tetap Manggung di Pamijahan meski Dilarang
Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor menyesalkan sejumlah artis dangdut ibu kota termasuk Rhoma Irama yang manggung di Pamijahan Kabupaten Bogor, Minggu (28/6/2020). (Foto: Ist)

CIBINONG, iNews.id - Rhoma Irama dan sejumlah artis dangdut ibu kota tetap manggung dalam acara hajatan di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Minggu (28/6/2020), meskipun telah dilarang Gugus Tugas Covid-19. Penampilan mereka disaksikan ratusan warga tanpa mengindahkan physical distancing dan banyak tidak memakai masker.

Bupati Bogor Ade Yasin yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mengaku geram dengan penampilan sejumlah artis ibu kota tersebut. Dia meminta aparat bertindak tegas kepada para artis yang tampil, termasuk Raja Dangdut, Rhoma Irama.

"Gugus tugas sudah bersikap tegas dengan mengirimkan surat peringatan agar Bung Rhoma tidak tampil dan segala bentuk hiburan ditiadakan karena bisa mengundang keramaian. Namun kenyataan beberapa acara tetap digelar, tidak mengindahkan peraturan Pemkab Bogor yang tertuang dalam Perbup No 35 tahun 2020," ujar Ade Yasin, Minggu malam (28/6/2020).

Ade mengatakan, ata pelanggaran aturan tersebut, maka semua artis yang terlibat harus diproses hukum. Aksi para artis tersebut dikhawatirkan membuat Kabupaten Bogor menjadi episentrum baru penyebaran Covid-19.

"Saya minta semuanya diproses hukum, tidak pandang bulu, siapa pun orang yang melanggar aturan. Jangan sampai Kabupaten Bogor menjadi episentrum Covid-19 karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Dalam video amatir yang diunggah warga, terlihat Bang Haji, sapaan akrab Rhoma Irama, menyanyikan beberapa lagu tanpa didampingi grupnya Soneta. Penampilannya dalam acara hajatan salah satu warga Kampung Salak, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, itu ditonton ratusan penonton tanpa mengindahkan physical distancing.

Selain raja dangdut itu, juga tampil Rita Sugiarto, Yunita Ababil, Wawa Marissa, Caca Handika, Yus Yunus dan beberapa artis ibu kota lainnya. Padahal Kabupaten Bogor masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional hingga 2 Juli 2020.

Rhoma menyatakan penampilannya di Pamijahan tanpa didampingi Soneta semata-mata untuk menghormati rekannya Surya Atmaja yang mengkhitankan anaknya bernama Raga Sudirja. Dia tampil secara mendadak tanpa persiapan.

"Tadi pagi pak Surya bilang sudah bisa main. Biasanya tidak ada Soneta ga ada Rhoma Irama. Ga ada Rhoma ga ada Soneta. Saya akan menyanyi kalau ada Soneta. Tapi kali ini karena sahabat Surya Atmaja maka saya akan menyanyi bersama grup dangdut yang keren ini," kata Rhoma Irama.

Sebelumnya Rhoma Irama telah menyampaikan membatalkan rencana penampilannya dalam pesta khitan di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Hal itu disampaikan langsung oleh Rhoma dalam video melalui akun Facebook-nya.


Editor : Maria Christina