Bukan Sekadar Gimmick, Ridwan Kamil Kolaborasi Garap 22 Brand Lokal se-Pulau Jawa

Agung Bakti Sarasa · Senin, 08 Maret 2021 - 15:36:00 WIB
Bukan Sekadar Gimmick, Ridwan Kamil Kolaborasi Garap 22 Brand Lokal se-Pulau Jawa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkolaborasi dengan UMKM dalam menggarap proyek bersama 22 brand UMKM lokal se-Pulau Jawa. (Foto/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan berkolaborasi menggarap proyek bersama 22 brand UMKM lokal se-Pulau Jawa untuk menghadirkan berbagai produk berkualitas. Kolaborasi yang dibangun bersama brand UMKM lokal di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur itu bukan sekadar gimmick. 

Ridwan Kamil mengatakan, dirinya ikut mendesain setiap produk yang dihasilkan. "Ini peristiwa pertama di Indonesia di mana endorser seorang pejabat, meng-endors-nya itu bukan mempromosikan langsung, tapi terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang didesain khusus oleh saya. Total 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya," kata Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengemukakan, gerakan yang dinamai #inilokalinikolaborasi tersebut bukan sekadar ingin membantu UMKM lokal yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, namun juga mencoba gagasan baru dengan turut serta mendesain produk serta memasarkannya. 

"Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar, tapi saya membuka diri, ada dari Jabar, Jateng, Jatim. Kami berharap, ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik, tidak harus bersifat (memberi) modal. Bedanya  saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek, sehingga brand juga punya semangat yang klik," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi