Bu Cinta Pamer Masakan Spesial Kegemaran Ridwan Kamil, Menunya Bikin Ketagihan

Agung Bakti Sarasa ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 16:15:00 WIB
Bu Cinta Pamer Masakan Spesial Kegemaran Ridwan Kamil, Menunya Bikin Ketagihan
Istri Gubernur Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil menunjukkan Ratatoullie dan cara memasaknya, Senin (16/8/2021). (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Di sela-sela kesibukannya sebagai istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil selalu berusaha menyempatkan waktu untuk memasak untuk sang suami tercinta. Terlebih, di tengah penerapan PPKM, perempuan yang akrab disapa Bu Cinta ini memiliki lebih banyak waktu untuk menyajikan masakan spesial bagi orang nomor satu di Jabar itu. 

"Kang Emil (Ridwan Kamil) justru suka melihat dapur yang berantakan. Saya biasa memasak setelah subuh, suami dan anak-anak jadi senang," kata Bu Cinta di sela kegiatan demo masak di Dapur Cantik Cosmo x Modena di kawasan Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (16/8/2021). 

Bu Cinta pun mengungkapkan menu spesial yang menjadi kegemaran suaminya. Menurutnya, Ridwan Kamil kini sangat menggemari Ratatouille, salah satu menu masakan asal Perancis. 

Dalam kegiatan demo masak itu pun, Bu Cinta pun memperlihatkan cara memasak menu spesial berbahan sayur mayur itu. Selama sekitar 1 jam, tangan terampilnya tampak sibuk meracik bahan dan bumbu-bumbu Ratatouille.

"Ratatoullie itu jadi masakan kesukaan Kang Emil. Waktu saya pertama kali membuat langsung habis dimakan beliau Setelah itu, Kang Emil minta dimasakin lagi, bikin ketagihan," ujar Bu Cinta.

Menurut Bu Cinta, Ratatoullie merupakan menu masakan yang sangat sehat karena menggunakan bahan baku aneka sayuran, mulai dari tomat, terong, mentimun, bawang bombay, dan lainnya.

Meski berasal dari luar negeri, kata Bu Cinta, namun Ratatoullie bisa dibuat menggunakan bahan baku yang mudah didapatkan di pasar tradisional dan modern. Bahkan, cara memasaknya pun terbilang mudah. 

"Ratatoullie ini bahan bakunya sayuran, sehingga sangat baik untuk kesehatan karena kaya nutrisi dan kekinian," kata Bu Cinta seraya mengatakan bahwa Ratatoullie juga sangat cocok disajikan untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi saat ini. 

Lebih lanjut Bu Cinta menuturkan, sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, pihaknya mengakui banyak pelaku UMKM, termasuk pelaku UMKM kuliner yang terdampak pandemi Covid-19. 

Dia pun memberikan tips agar para pelaku UMKM dapat bertahan dan tetap berkembang di tengah situasi yang serba sulit ini. Menurutnya, agar dapat bertahan dan tetap berkembang, para pelaku UMKM harus mampu menciptakan produk yang tepat dan sesuai sasaran.

Selain itu, para pelaku UMKM harus membuka diri dan memperluas networking, sehingga punya wawasan dan informasi tentang produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Mereka juga wajib mempelajari media massa dan teknologi informasi sebagai sarana promosi dan publikasi produknya.

"Kepoin juga program pemerintah. Ada UMKM Juara, OPOP, bahkan Pemprov Jabar juga kan sudah bekerja sama dengan platform digital, mendorong produk UMKM masuk ke pasar luar negeri," katanya.

Sementara itu, Branch Manajer Modena Cabang Bandung, Hermawan mengatakan, pihaknya memiliki beragam produk untuk mendukung kegiatan masak memasak, mulai dari oven, kulkas, dispenser, cooker root, blender, microwave, dan lain-lain.

"Peralatan dari Modena akan membantu dan memudahkan siapapun dalam memasak. Kami punya peralatan yang lengkap untuk digunakan pada semua masakan," katanya.

Selain mendukung kegiatan masak memasak di rumah, Modena juga mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM kuliner, salah satunya melalui program Dapur Masak.

Tak lupa, dia pun menyampaikan terima kasih atas dukungan Bu Cinta dalam kegiatan demo masak kali ini. Menurutnya, Ibu Cinta sangat terampil menggunakan aneka peralatan masak dan lihai mengolah bahan masakan menjadi menu sajian istimewa.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Ibu Cinta dalam kegiatan ini. Semoga bisa berkolaborasi lagi," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: