BMKG Pastikan Benda Bercahaya di Langit Bandung Bukan Kejadian Meteorologis

Agus Warsudi ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 21:46:00 WIB
BMKG Pastikan Benda Bercahaya di Langit Bandung Bukan Kejadian Meteorologis
Kilatan cahaya di langit. (Foto: Ilustrasi/Reuters)

BANDUNG, iNews.id - Sebuah video berdurasi sekitar 30 detik viral yang merekam benda bercahaya mirip UFO viral di media sosial, Kamis (29/7/2021). Terkait fenomena itu, BMKG Bandung memastikan benda bercahaya tersebut bukan  kejadian meteorologis.

Kepala Badan Meteorologi Klimatolopgi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1A Kota Bandung Teguh Rahayu mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan BMKG, benda bercahaya yang terlihat di langit Bandung, dipastikan bukan fenomena meteorologis.

"Fenomena yang terlihat oleh masyakarat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki, Kota Bandung bukan kejadian meteorologis," kata Teguh Rahayu, dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat.

Saat benda bercahaya itu terlihat melintas, ujar Teguh Rahayu, berdasar pengamatan BMKG, dalam kondisi langit Kota Bandung cerah dengan nilai Octave 2 dan kecepatan angin berada di kisaran 6 kilometer perjam. 

Teguh Rahayu menyatakan, saat itu terpantau awan Cirrus atau tinggi. Selain itu, tidak terpantau awan hujan. "Untuk memastikan itu benda luar angkasa atau apa, sebaiknya menanyakan soal fenomena itu ke LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)," ujar Teguh.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: