BMKG Jelaskan Penyebab Gempa Bumi M5,6 Guncang Sukabumi

Asep Supiandi ยท Selasa, 27 April 2021 - 18:40:00 WIB
BMKG Jelaskan Penyebab Gempa Bumi M5,6 Guncang Sukabumi
Ilustrasi gempa bumi. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021), pukul pukul 16.23 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memperbarui parameter gempa menjadi M5. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,74 LS dan 106,92 BT. Gempa tepatnya berlokasi di laut, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, pada jarak 89 km arah Selatan Kota Sukabumi. Kedalaman gempa bumi mencapai 58 km. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki pergerakan mendatar atau strike slip," kata Bambang Setiyo Prayitno dalam siaran persnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Cilograng, Panggarangan, Bogor dalam skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Kemudian di Tangerang Selatan, Jakarta, dan Bandung dalam skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: