Biaya Pilkada KBB Sangat Besar, Pemda Diminta Mulai Cicil Pengadaan Anggaran

Adi Haryanto ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 20:26:00 WIB
Biaya Pilkada KBB Sangat Besar, Pemda Diminta Mulai Cicil Pengadaan Anggaran
Anggaran Pilkada yang cukup besar membuat Pemda KBB disarankan mulai mencicil dari APBD. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) diminta mulai mencicil pengadaan anggaran untuk Pilkada KBB tahun 2024 mendatang. Pasalnya, jika dilakukan sekaligus maka bisa membebani postur anggaran daerah karena kebutuhannya sangat besar.

"Usulan anggaran dari KPU KBB untuk pilkada sangat besar, jadi harus nabung, harus dicicil dari sekarang di APBD perubahan atau murni tahun depan," kata Ketua Komisi I DPRD KBB Aa Sunarya Erawan, Jumat (7/10/2022).

Menurutnya, pembahasan soal itu kemungkinan sudah dibahas di badan anggaran (banggar) DPRD KBB. Hal itu tentunya akan dibahas lebih lanjut dengan menghadirkan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Sehingga bisa dilihat kemampuan anggaran yang ada di pemerintah daerah. 

Namun jika melihat kondisi keuangan Pemda KBB saat ini yang mengalami defisit akibat terlalu besarnya beban belanja, maka itu akan jadi pertimbangan dalam penganggaran kebutuhan untuk Pilkada KBB. Sebab banyak program yang mengalami efesiensi anggaran.

"Pembahasan soal anggaran untuk KPU ini sudah dibahas tapi belum rinci. Nanti kan harus melihat, berapa kemampuan anggaran dan berapa yang anggaran yang paling efesien, tapi proses pilkadanya berjalan dengan tidak kekurangan apapun," tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: