Berkantor Lagi di KBB, KPK Dikabarkan Periksa Pejabat ASN dan Pensiunan

Adi Haryanto · Selasa, 22 Juni 2021 - 19:03:00 WIB
Berkantor Lagi di KBB, KPK Dikabarkan Periksa Pejabat ASN dan Pensiunan
Gedung utama Pemkab KBB di Mekarsari, Ngamprah, yang kembali dijadikan tempat pemeriksaan oleh KPK. (Foto: MPI/Adi Haryanto) 

BANDUNG BARAT, iNews.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali datang dan berkantor di kompleks Pemkab Bandung Barat. Mereka masih mencari dan mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus hukum seusai penetapan Bupati Aa Umbara Sutisna sebagai tersangka.

Belum bisa dipastikan siapa-siapa saja yang akan dimintai keterangan dan diperiksa pada periode ini. Namun yang pasti penyidik KPK masih akan mengorek keterangan terkait kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial KBB.

"Betul KPK datang lagi, kita udah terima suratnya untuk dipinjami tempat bagi ruang pemeriksaan selama empat hari," kata Kepala Bagian Rumah Tangga, Setda KBB, Aa Wahya kepada wartawan, Selasa (21/6/2021).

Disebutkannya, berdasarkan surat resmi yang diterima Pemda KBB, penyidik lembaga antirasuah itu akan melakukan pemeriksaan pada 22-25 Juni 2021. Pemkab telah menyiapkan tempat di ruang Wakil Bupati lantai 2 Gedung Pemkab Bandung Barat, sama seperti saat pemerikaaan sebelumnya. 

Pihaknya tidak mengetahui persis siapa saja nama-nama yang diperiksa penyidik KPK. Namun berdasarkan informasi yang beredar sejumlah pejabat kepala dinas dan pensiun pejabat Pemkab KBB juga akan dipanggil dan dimintai keterangan. 

"Kalau itu (pemeriksaan) ranah KPK. Kita hanya melakukan sterilisasi, koordinasi dengan Satpol PP agar lantai dua supaya tertib, nyaman, tidak terganggu," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, KPK mulai melakukan pemeriksaan terhadap saksi mulai pukul 09.30 WIB. Hingga sore hari pemeriksaan masih berlangsung. Area pemeriksaan khususnya di lantai dua dijaga pihak kepolisian dan Satpol PP KBB, sedangkan lantai satu tidak dijaga dengan ketat. 

Kegiatan seperti ini seperti mengulang kejadian pada awal bulan lalu dimana KPK juga berkantor di Pemkab Bandung Barat selama tiga hari. Saat itu tercatat total ada 36 pejabat dari kalangan ASN dan pihak swasta (pengusaha) yang diperiksa termasuk dari pihak keluarga dekat Bupati Aa Umbara Sutisna. 

Editor : Asep Supiandi