Berjuluk Pasukan Setan, Satgas Yonif 315/Garuda Siap Basmi Kelompok Separatis di Papua

Agus Warsudi ยท Senin, 01 Februari 2021 - 22:06:00 WIB
Berjuluk Pasukan Setan, Satgas Yonif 315/Garuda Siap Basmi Kelompok Separatis di Papua
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo meninjau latihan menembak yang dilaksakan personel Yonif 315/Garuda di Ciptata, KBB. (Foto: Pendam Siliwangi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Pemukul Batalion Infanteri (Yonif) 315/Garuda siap diberangkatkan untuk membasmi gerakan saparatis bersenjata di Papua. Batalion berjuluk "Pasukan Setan" ini memiliki sejumlah kemampuan mumpuni.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, Satgas Yonif 315/Garuda memiliki kemampuan mumpuni dalam melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dengan kemampuan tersebut, kata Kasdam, Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda mampu melaksanakan tugas di daerah perbatasan Papua-Papua Nugini dengan baik dan dapat menorehkan prestasi terbaik.

"Latihan taktik dan teknik pertempuran, serta menembak yang telah dilaksanakan, menunjukkan kesiapan satuan ini untuk diberangkatkan dalam melaksanakan tugas pengamanan perbatasan," kata Kasdam III/Siliwangi di sela latihan menembak Satgas Yonif 315/Garuda di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selain itu, ujar Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo, Satgas Pemukul Yonif 315/Garuda memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itu, batalyon ini mendapat julukan "Pasukan Setan". 

Sehingga, ujarnya, di mana pun bertugas, Satgas Yonif 315/Garuda dapat melaksanakannya dengan maksimal. 

"Dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki, kami yakin, satuan ini dapat menumpas kelompok saparatis bersenjata di Papua, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dalam setiap langkah dan tindakan," ujar Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Diketahui, Yonif 315/Garuda adalah salah satu kesatuan dalam batalion infanteri di TNI Angkatan Darat. Yonif 315/Garuda berdiri pada 20 Agustus 1948. Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2