Banjir Terjang Parongpong KBB, Belasan Rumah Terendam Air Setinggi 1,5 Meter

Adi Haryanto ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:24:00 WIB
Banjir Terjang Parongpong KBB, Belasan Rumah Terendam Air Setinggi 1,5 Meter
Rumahnya warga terendam banjir bandang saat hujan deras turun di Kampung Lapang RT 03/03, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Banjir bandang menerjang Kampung Lapang  RT 03/03, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang berakibat sejumlah infrastruktur rusak dan rumah terendam. Meskipun tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun banjir bandang yang dipicu hujan deras tersebut menyebabkan kerugian materi hingga puluhan juta rupiah.

"Banjir bandang terjadi setelah hujan deras turun, akibat debit air yang meningkat dan tidak tertampung di saluran air. Selain itu, banyaknya sampah juga membuat aliran air jadi terhambat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo, Rabu (5/10/2022).

Duddy menyebutkan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB pada Selasa (4/10/2022) kemarin. Tanda-tanda akan terjadi banjir sudah terlihat dari naiknya debit air di saluran pembuangan di kawasan tersebut. Apalagi hujan turun dengan intensitas yang cukup lama sejak siang hari.

Berdasarkan assesment anggotanya di lapangan, banjir bandang tersebut menyebabkan kerusakan. Di antaranya terputusnya saluran air bersih warga, mengakibatkan dapur di dua rumah ambruk karena tidak kuat menahan derasnya banjir. Serta 17 rumah warga  terendam air setinggi 1,5 meter.

"Selain itu banyak barang-barang dan perabotan rumah yang terendam. Seperti peralatan dapur, pakaian, makanan, karena tidak sempat diselamatkan," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: