Banjir Rendam 2 Komplek Perumahan di Kalimulya Depok, Jalan Ambles Tergerus Hujan

Iyung Rizky ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 21:45 WIB
Banjir Rendam 2 Komplek Perumahan di Kalimulya Depok, Jalan Ambles Tergerus Hujan
Petugas Damkar Kota Depok menyedot air yang menggenangi perumahan di Kalimulya akibat hujan deras. (Foto: iNews/Iyunk Rizki)

DEPOK, iNews.idHujan deras yang mengguyur Kota Depok, Jawa Barat, mengakibatkan sejumlah kawasan di kota ini dilanda banjir, Minggu (16/2/2020) malam. Banjir diperparah dengan meluapnya sungai dan mampatnya saluran air.

Selain di perumahan Tirta Mandala Cilodong, banjir juga merendam komplek Perumahan Puri Bella dan Villa Boenga, Kalimulya. Di dua komplek perumahan ini, ketinggian air mencapai satu meter. Selain itu, jalan di perumahan tersebut ambles hingga melumpuhkan aktivitas warga karena jalan tidak bisa dilalui kendaraan.

Warga Kalimulya, Hari mengatakan, banjir terjadi akibat hujan deras dan meluapnya Kali Mala.  “Banjir mulai naik pukul 2 siang tadi. Air masuk ke permukiman warga karena saluran sempit dan hujan sangat deras,” katanya.

Dia mengatakan, ada sekitar 30-an rumah di Perumahan Puri Bella dan Villa Boenga yang terendam banjir hingga satu meter. “Jalan utama menuju perumahan juga ambles dan tak bisa dilalui kendaraan, sehingga warga harus mencari jalan lain untuk keluar permukiman,” katanya.

Jalan di kawasan komplek perumahan Kalimulya, Depok ambles akibat hujan deras. (Foto: iNews/Iyunk Rizki)
Jalan di kawasan komplek perumahan Kalimulya, Depok ambles akibat hujan deras. (Foto: iNews/Iyunk Rizki)

Dia berharap Pemkot Depok segera merevitalisasi dengan memperlebar saluran air, sehingga bisa menampung debit air saat hujan deras.

Kasi Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Deni Romuloh mengatakan, petugas sedang berupaya menyedot air yang menggenangi dua komplek perumahan tersebut. “Untuk jalan ambles, kami akan koordinasi dengan pihak PUPR agar bisa segera ditangani,” katanya.

Sebelumnya, banjir kembali menerjang kawasan perumahan Tirta Mandala, Kota Depok, Jawa Barat akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu sepanjang Minggu (16/2/2020) siang hingga sore.

Banjir diperparah dengan jebolnya turap atau tanggul Kali Jantung. Tanggul darurat yang baru selesai dibuat itu jebol diduga karena material batu bongkahan longsor tak kuat menahan derasnya arus.

Selain merendam puluhan rumah, banjir juga memutuskan akses jalan. Akibatnya, warga tidak bisa beraktivitas normal.


Editor : Kastolani Marzuki