Banjir Kembali Rendam Perumahan di Cilodong Depok akibat Hujan Deras

Iyung Rizky ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 19:15 WIB
Banjir Kembali Rendam Perumahan di Cilodong Depok akibat Hujan Deras
Banjir kembali merendam perumahan Tirta Mandala, Cilodong, Depok, akibat hujan deras, Minggu (16/2/2020). (Foto: iNews/Iyunk Rizki)

DEPOK, iNews.idBanjir kembali menerjang kawasan perumahan Tirta Mandala, Kota Depok, Jawa Barat akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu sepanjang Minggu (16/2/2020) siang hingga sore.

Banjir diperparah dengan jebolnya turap atau tanggul Kali Jantung. Tanggul darurat yang baru selesai dibuat itu jebol diduga karena material batu bongkahan longsor tak kuat menahan derasnya arus. Selain merendam puluhan rumah, banjir juga memutuskan akses jalan. Akibatnya, warga tidak bisa beraktivitas normal.

Warga Perumahan Tirta Mandala, Sony mengatakan, banjir terjadi karena aliran sungai tertutup material turap yang longsor. “Turapnya longsor dan menutup aliran sungai. Jadi, sungainya pindah ke jalan,” katanya.

Meski demikian, kata dia, banjir kali ini lebih kecil dibanding dua hari sebelumnya. “Kali ini (banjir) lebih rendah dibanding kemaren yang sampai satu meter di dalam rumah,” ucapnya.

Banjir juga melanda kawasan perumahan lainnya di Cilodong. Banjir terjadi akibat tingginya debit air Kali Baru, sehingga mengakibatkan tanggul jebol dan air merendam rumah warga.

“Ya, ada tanggul yang jebol. Biasanya nggak separah ini banjirnya. Sekarang hampir semua rumah kebanjiran,” kata Slamet, warga Kali Baru, Depok.

Warga sudah melaporkan peristiwa ini kepada pengurus lingkungan dan dinas terkait. Namun hingga saat ini belum ada petugas yang datang ke lokasi. Warga khawatir debit air akan terus meningkat lantaran hingga Minggu sore, debit air Kali Baru masih tinggi.


Editor : Kastolani Marzuki