Banjir Bandang Terjang Permukiman, Bupati Garut: Bantaran Sungai Harus Dikosongkan

Antara · Senin, 18 Juli 2022 - 20:30:00 WIB
Banjir Bandang Terjang Permukiman, Bupati Garut: Bantaran Sungai Harus Dikosongkan
Warga berjalan di tanah lumpur yang diterjang banjir bandang di Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat (18/7/2022). (Foto: Antara)

GARUT, iNews.id - Bupati Garut, Rudy Gunawan menyatakan kampung yang rawan diterjang bencana banjir bandang seperti di sekitar bantaran sungai harus steril dari bangunan rumah karena berbahaya. Meskipun begitu, untuk proses pengosongan akan dilakukan secara humanis

"Ini harus dikosongkan, makanya dengan kejadian ini ada hikmahnya. Kami akan melakukan secara humanis," kata Rudy Gunawan saat meninjau daerah yang terdampak banjir di Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (18/7/2022).

Dia menuturkan, daerah bantaran Sungai Cimanuk, salah satunya di Kampung Cimacan merupakan kawasan rawan terjadi bencana banjir bandang dari luapan sungai.

Jika tidak segera dikosongkan daerah itu, kata dia, tentunya akan membahayakan keselamatan masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

"Pasti terulang karena daerah sini (Kampung Cimacan) daerah merah," katanya.

Dia menyampaikan sebelumnya pemukiman warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Cimanuk sudah direlokasi ke rumah tapak pada peristiwa bencana banjir bandang tahun 2016.

Namun kenyataannya, kata dia, masih ada masyarakat yang kembali menempati Kampung Cimacan dengan alasan karena dekat dengan tempat usaha, sedangkan rumah yang disiapkan pemerintah terlalu jauh.

"Mereka mengeluh di sana terlalu jauh, kami akan melakukan yang terbaik, karena di sini tidak memungkinkan untuk tinggal," ujarnya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah kembali berupaya secara komprehensif sehingga daerah yang menjadi zona rawan bencana banjir bandang tidak lagi menjadi tempat tinggal warga.

"Jadi nanti akan lakukan secara komprehensif masalah yang menyangkut rencana aksi kita ke depan," kata Bupati.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: