Bandung Lautan Api Wujud Pengorbanan Rakyat Usir Penjajah dari Tanah Air

Juhpita Meilana · Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:23:00 WIB
Bandung Lautan Api Wujud Pengorbanan Rakyat Usir Penjajah dari Tanah Air
Tugu Bandung Lautan Api di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. (FOTO: iNews/JUHPITA MEILANA)

BANDUNG, iNews.id - Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi pada 23 maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200 000 penduduk Kota Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota.

Seusai membakar rumah, mereka mengungsi ke pegunungan di Bandung selatan. Peristiwa itu wujud pengorbanan rakyat dalam upaya mengusir penjajah Belanda. Rakyat rela membakar rumah untuk mencegah tentara sekutu dan tentara NICA Belanda kembali menguasa Kota Bandung sebagai markas militer.

Keputusan membumihanguskan Bandung itu diambil melalui musyawarah Madjelis Persatuan Perjuangan Priangan (MPPP). Untuk mengenang peristiwa tersebut dibangun Tugu Perjuangan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung dan Tegallega, Kota Bandung.

Selama perang mempertahankan kemerdekaan, pertempuran paling besar pecah di Desa/Kecamatan Dayeuhkolot yang berada di selatan Kota Bandung. Di lokasi tersebut terdapat gudang amunisi besar milik tentara sekutu.

Dalam pertempuran itu, Mohamad Toha dan Muhamad Ramdhan, dua anggota milisi barisan rakyat Indonesia terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Mohamad Toha dan Muhammad Ramdhan berhasil meledakan gudang tersebut dengan dinamit dan gugur.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: