Bakal Terpusat, Liga 1 dan 2 Bakal Digelar di Pulau Jawa 

Arif Budianto · Selasa, 01 Juni 2021 - 17:40:00 WIB
Bakal Terpusat, Liga 1 dan 2 Bakal Digelar di Pulau Jawa 
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri), Menpora Zainudin Amali (ketiga kiri), dan Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri hadir dalam launching Liga 1 2020 di Ballroom Hotel Farmount, Senin (23/2/2020) sore. (Foto: iNews.id/Reynaldi Hermawan)

BANDUNG, iNews.id - PSSI memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 bakal digelar, setelah mendapat izin Kapolri. Kendati begitu, demi menghindari mobilitas pemain, pertandingan akan difokuskan di Pulau Jawa. 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi, pemilihan lokasi pertandingan di Pulau Jawa menyeimbangkan mobilitas pemain agar lebih efektif. Namun, pemusatan di daerah mana, masih akan dibahas lebih lanjut. Opsinya akan tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

"Opsi ini dipilih selain dalam rangka efisiensi tapi juga dalam rangka penerapan protokol kesehatan. Kami juga menghindari kawan-kawan untuk hilir mudik naik pesawat untuk menempuh pertandingan home away nya, sehingga muncul beberapa pemikiran dari kawan-kawan PSSI dan PT. LIB, agar kiranya perjalanan jarak jauh di minimalkan," kata dia di Bandung.

Menurut dia, izin (keramaian) dari Liga 1 dan Liga 2 dari Kapolri sudah terbit, dan telah diterima oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Pak Zainudin Amali. Namun, karena Ketua Umum PSSI (Moch. Iriawan) ada urusan lain untuk merawat ibunda, sehingga belum dapat memproses dan mengatur jadwalnya (liga).

Yunus mengatakan, setelah masa berduka dari Ketua Umum PSSI selesai, maka pihaknya akan segera menyampaikan laporan, untuk membahas terkait kepastian jadwal di mulainya Liga 1 dan Liga 2.

"Insya Allah setelah ini, kami pun akan melapor ke ketua umum, untuk mengatur proses dan penjadwalan, apalagi kebetulan tadi malam juga, Pak Menpora juga ada ke rumah sakit dan sudah berbicara, mudah-mudahan setelah ini baru akan kami atur jadwal dari Liga 1 dan 2," ucapnya.

Dia menjelaskan, selain melaporkan terkait telah diterimanya izin dari Kapolri untuk penyelenggaraan Liga 1 dan 2, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). LIB nantinya untuk menggelar manager meeting dengan para manajer klub kontestan atau peserta kompetisi.

"Jadi sebagaimana disampaikan dalam kongres kemarin, tetapi lebih finalnya itu (teknis) akan ada di manager meeting, maka dari itu, biarlah kawan-kawan dari klub Liga 1, Liga 2, dan PT. LIB untuk bersepaham seperti apa baiknya format kompetisi yang akan digelar nanti," ujar Yunus. 

Editor : Asep Supiandi