Baguna KBB Tanam Ribuan Bibit Pohon di Lahan Kritis yang Rawan Longsor

Adi Haryanto · Senin, 16 November 2020 - 15:15:00 WIB
Baguna KBB Tanam Ribuan Bibit Pohon di Lahan Kritis yang Rawan Longsor
Ribuan benih kopi dan sejumlah tanaman keras lain akan ditanam di lahan kritis Kabupaten Bandung Barat. (Foto/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Maraknya kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Bandung Barat (KBB), salah satunya dikarenakan banyak lahan kritis. Untuk mengantisipasi peristiwa itu kembali terjadi, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) KBB melakukan penghijauan di lahan kritis.

Baguna KBB menanam ribuan bibit tanaman keras di sejumlah lahan kritis yang rawan longsor terebut. "Penanaman benih tanaman keras ini sebagai antisipasi karena banyak lahan kritis yang terabaikan dan berpotensi menimbulkan bencana seperti longsor dan banjir bandang," kata Ketua Baguna KBB Asep Vijay, Senin (16/11/2020).

Dia mengemukakan, lahan kritis yang menjadi prioritas ditanami bibit pohon berada di lima kecamatan di selatan KBB. Antara lain, Gununghalu, Sindangkerta, Rongga, Cipongkor, dan Cililin. "Di wilayah itu lahan kritisnya cukup luas akibat alih fungsi dan perambahan hutan," ujar dia.

Asep Vijay menuturkan, bibit tanaman yang disiapkan sekitar 1.000-1.500 per kecamatan dan akan disebarkan melalui kelompok tani. Seperti Kelompok Darma Tani di Desa Sirnajaya, Mulya Sejahtra Desa Rancasenggang, Gema Tani Desa Cikadu, Cahaya Mentari Desa Weninggalih, dan Subur Makmur di Desa Cintakarya.

"Kami kerja sama dengan kelompok tani dan sejumlah padepokan agar mereka bisa ikut mengawasi, merawat, sekaligus memanfaatkan hasil dari bibit yang ditanam sebagi sumber penghidupan," tutur Asep Vijay.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: