Artis dan Selebgram Berinisial SC Diperiksa Penyidik Polda Jabar Terkait Prostitusi Online

Agus Warsudi ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 17:15:00 WIB
Artis dan Selebgram Berinisial SC Diperiksa Penyidik Polda Jabar Terkait Prostitusi Online
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago. (Foto: iNews.id/Agus Warsudi)

BANDUNG, iNews.id - Penyidik Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar memeriksa artis dan selebgram berinisial SC terkait kasus prostitusi online. SC diminta keterangan sebagai saksi, Selasa (5/1/2021).

"Hari ini ada dua yang dimintai keterangan oleh penyidik. Satu saksi berinisial SC datang langsung ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Dia diminta keterangan sebagai saksi hari ini untuk pengembangan kasus prostitusi online," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago di Polda Jabar, Selasa (5/1/2021). 

Saat ini, ujar Kombes Pol Erdi, SC yang berprofesi artis dan selebgram itu, sudah berada di gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar.

Sedangkan, saksi A yang juga memberikan keterangan pada Selasa (5/1/2021) tidak bisa hadir di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Sehingga, A memberikan keterangan melalui aplikasi Zoom. A ini berprofesi karyawati bank.

"Sebelumnya, penyidik juga memeriksa saksi berinisial C di Polda Jabar pada Senin (4/1/2021). C ini berprofesi pramugari," ujar Kombes Pol Erdi. 

Diberitakan sebelumnya, Polda Jabar menjadwalkan pemeriksaan terhadap tujuh saksi. Mereka berinisial SAS, SC, DL, MC, A, C dan V. Ketujuh saksi tersebut berprofesi artis, model, selebgram, pegawai bank, dan pramugari.

Pemeriksaan terhadap SC dan A, hari ini, dilakukan karena namanya ada dalam telepon seluler (ponsel) tersangka MR alias Mami Alona yang merupakan mucikari. 

Mami Alona yang ditangkap di Kota Bogor, Jawa Barat pada 16 Desember 2020, merupakan mucikari penyedia perempuan muda yang dapat memberikan layanan seks kepada para pria hidung belang.

Dia terkait dengan tersangka tersangka AH dan RJ, pengelola situs BM, penyedia perempuan muda beragam profesi untuk memberikan jasa layanan seks, baik artis, model, selebgram, karyawati bank, maupun pramugari. AH, RJ, dan MR memiliki jaringan luas di seluruh daerah Indonesia.

Salah satu artis, model dan selebgram yang pernah "dijual" oleh Mami Alona, berinisial TA. TA ditangkap penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar pada 17 Desember 2020 dalam kamar sebuah hotel di Bandung. Saat digerebek, TA sedang bersama seorang pria.

Editor : Agus Warsudi