Aparat Kelurahan Sambangi Warga Cimahi yang Curhat di Medsos Tak Makan 3 Hari

Adi Haryanto ยท Senin, 03 Mei 2021 - 18:33:00 WIB
Aparat Kelurahan Sambangi Warga Cimahi yang Curhat di Medsos Tak Makan 3 Hari
Lurah Cipageran, Rully Sulfanorida saat memberi bantuan salah seorang warganya yang sempat curhat di Twitter dan mengadu ke Presiden Jokowi tidak makan selama tiga hari. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNews.id - Pemkot Cimahi melalui Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi langsung menindaklanjuti terkait beredarnya informasi di media sosial yang menyebutkan ada seorang ibu dan anak yang mengaku tidak makan selama tiga hari. 

Keluhan di Twitter @eLAmaravati bernama Langit Amaravati tersebut sempat viral. Pada cuitannya, dia mengaku sudah tidak makan tiga hari besama anaknya. Bahkan, dia pun mention account Twitter Presiden RI Joko Widodo. 

"Yth Bapak @jokowi, ini hari ketiga saya & anak saya tidak makan. Kami bertahan dengan saaya-aya," tulis dia pada Sabtu, (1/5/2021).

Setelah petugas kelurahan melakukan peninjauan ke lapangan, yang bersangkutan diketahui bernama Susanti dan tinggal bersama satu anaknya usia 6 tahun. Di alamat tersebut yang bersangkutan tinggal mengontrak sudah hampir satu tahun. 

"Alamat asal yang bersangkutan dari Bandung, tujuannya pindah ke Cibabat. Setelah itu surat pindah dilaporkan ke Disduk Kota Cimahi dan hasilnya ada penolakan karena tidak melampirkan surat nikah," kata Lurah Cipageran, Rully Sulfanorida merujuk kepada pengakuan yang bersangkutan, Senin (3/5/2021).

Setelah itu, lanjutnya, dia tidak mengurus lebih lanjut. Sehingga ketika ditanya bukti surat pindah tidak bisa menunjukkannya. Dia pun kebingungan dengan identitasnya karena mempunyai anak yang masih belum memiliki akta kelahiran.

Terkait soal pernyataan yang tidak makan tiga hari itu adalah pengakuan darinya. Akan tetapi keterangan dari tetangga terdekat dia masih kelihatan bisa makan dan tidak terlihat seperti orang yang kekurangan. Apalagi di rumahnya juga terdapat barang-barang elektronik yang harganya lumayan. 

"Dia mengaku sedang menjalani pengobatan, ketika ditanya alasan kenapa sampai curhat di Twitter, jawaban gak nyambung," kata Rully. 

Mengacu kepada kondisi tersebut, pihaknya meminta agar dia mengurus surat pindah dari Bandung ke Kota Cimahi. Disarankan kalau ada apa-apa di lingkungan segera lapor ke RT dan RW, serta diminta untuk klarifikasi di Twitter miliknya atas pernyataan sebelumnya. 

"Kami juga beri bantuan pangan berupa beras, mi, minyak, gula, dan sarden," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi