Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Pengendara Diminta Manfaatkan Google Maps

Nilakusuma · Senin, 28 Februari 2022 - 14:34:00 WIB
Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Pengendara Diminta Manfaatkan Google Maps
Dirlantas Polda Jabar Kombes Romin Thalib meminta pengendara arus balik manfaatkan Google Maps untuk kembali ke Jakarta. (iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kombes Romin Thaib mengimbau masyarakat yang hendak kembali ke Jakarta seusai liburan agar memanfaatkan Google Maps. Dari petunjuk Google Maps itu bisa diketahui tingkat kemacetan di jalan sehingga bisa dihindari atau mencari jalan alternatif. 

Hal tersebut penting agar kendaraan tidak menumpuk di satu tempat hingga menimbulkan kemacetan panjang.

"Di Google Maps kan bisa dilihat situasi lalu lintas yang akan kita lintasi. Kalau hijau perjalanan bisa kita lanjutkan. Namun kalau merah sebaiknya ditunggu dulu sampai hijau baru dilanjutkan. Dengan begitu tidak ada penumpukan di satu lokasi," kata Romin seusai acara vaksinasi di Mapolres Karawang, Senin (28/2/2022).

Menurut Romin, arus balik libur kali ini cukup banyak kendaraan dari Jakarta yang menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah meski masih pandemi Covid-19. 

Diperkirakan Jalan Tol Cikampek menuju Jakarta akan padat. Untuk mengantisipasi kemacetan panjang pihaknya sudah kordinasi dengan sejumlah polres di Karawang, Cirebon dan Bandung. 

"Kita akan mengatur lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan mulai dari Cirebon, Bandung, Karawang agar terhindar dari kemacetan," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: