Antisipasi Hepatitis, Pemda KBB Terjunkan Tim Pengawas ke Rumah Warga

Adi Haryanto · Selasa, 10 Mei 2022 - 12:05:00 WIB
 Antisipasi Hepatitis, Pemda KBB Terjunkan Tim Pengawas ke Rumah Warga
Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan. (Foto: Dok)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) mewaspadai kemunculan penyakit hepatitis di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih jadi ancaman. Pasalnya, di sejumlah daerah tercatat sudah ada beberapa kasus yang muncul bahkan bisa menyebabkan mereka yang terinfeksi meninggal dunia.  

Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan, terkait fenomena penyakit hepatitis ini sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Dinkes dan OPD terkait lainnya. Bagaimana pun itu harus diantisipasi jangan sampai muncul kasus lebih dahulu.

"Kita lakukan pengawasan secara door to door seperti vaksinasi kemarin, agar jangan sampai muncul kasus lebih dulu," ucapnya, Selasa (10/5/2022).

Menurutnya, deteksi dini terkait penyakit hepatitis ini lebih penting daripada nanti seperti Covid-19 yang tiba-tiba membeludak. Sehingga nanti akan ada petugas yang mengecek dari rumah ke rumah dari mulai tensinya, gula darahnya, dan lain sebagainya apalah ada gejala yang mengarah ke sana atau tidak.

"Usai dilakukan pengecekan nanti bakal diberikan label kepada setiap rumah keluarga yang dinyatakan sehat. Makanya pendataan itu sangat penting," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: