Angka Rata-rata Lama Sekolah di KBB 8,11 Tahun, di Bawah Target Wajib Belajar

Adi Haryanto ยท Kamis, 01 September 2022 - 08:16:00 WIB
Angka Rata-rata Lama Sekolah di KBB 8,11 Tahun, di Bawah Target Wajib Belajar
Angka lama sekolah di KBB rata-rata hanya sampai kelas 2 SMP atau 8,11 tahun, belum mencapai target wajib belajar 9 tahun. (FOTO: ILUSTRASI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Angka rata-rata lama sekolah siswa di berbagai jenjang masih rendah, hanya 8,11 tahun. Itu menunjukkan rata-rata warga KBB baru mengenyam pendidikan hingga kelas 2 sekolah menengah pertama (SMP) dan belum mencapai target wajib belajar minimal 9 tahun.

"Indeks lama sekolah di KBB baru 8,11 tahun. Artinya baru sampai kelas 2 SMP dan masih belum sesuai target wajib belajar yang dicanangkan dalam UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) 9 tahun," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rustiyana, Rabu (31/8/2022).

Kondisi tersebut, ujar Rustiyana, menjadi pekerjaan rumah yang harus dientaskan oleh Disdik KBB dan pihak terkait, termasuk para orang tua. Apalagi angka rata-rata lama sekolah menjadi salah satu penentu skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di satu daerah. 

Sebagai langkah awal, ujar Rustinaya, Disdik KBB bakal membuat tim khusus untuk menyelidiki faktor penyebab angka lama belajar di KBB tidak kunjung meningkat. Hal itu supaya menghadirkan solusi secara holistik, sehingga apa yang menjadi kendala di dunia pendidikan ini bisa dicarikan solusinya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: