Akses Jauh, Warga KBB Enggan Makamkan Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Rajamandala

Adi Haryanto ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 22:42:00 WIB
Akses Jauh, Warga KBB Enggan Makamkan Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Rajamandala
Petugas memakamkan jenazah di TPU Khusus Covid-19 Rajamandala, Kecamatan Cipatat, KBB. Karena jauh, warga enggan memakamkan keluarga atau kerabat mereka di TPU ini.(Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Tempat Permakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di Desa Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), minim peminat. Keluarga enggan memakamkan jenazah pasien Covid-19 di TPU ini karena jauh dan sarana pendukung belum lengkap.

Warga yang kerabat atau anggota keluarganya meninggal dunia akibat Covid-19, lebih memilih memakamkan di permakaman biasa yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal mereka. 

"Sejak digunakan setahun lalu, sampai sekarang baru ada 34 jenazah Covid-19 yang dikuburkan di sana (TPU Khusus Covid-19 Rajamandala). Warga banyak yang mengeluh aksesnya terlalu jauh," kata Camat Cipatat Iyep Tamchur Rahmat, Kamis (22/7/2021).

Iyep menyatakan, total lahan seluas 1,5 hektare tersebut sampai saat ini relatif masih kosong. Walaupun kasus Covid-19 meningkat yang berimbas kepada angka kematian naik, tapi karena wilayah KBB luas, banyak warga yang memilih memakamkan di TPU lain. Apalagi tidak ada keberatan atau penolakan dari warga di sekitar. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2