Air Waduk Jatigede Surut, Makam Karuhun Sumedang Kembali Bermunculan

Beben HVA · Jumat, 27 Agustus 2021 - 10:49:00 WIB
Air Waduk Jatigede Surut, Makam Karuhun Sumedang Kembali Bermunculan
Salah satu makam keramat yang muncul di saat air Waduk Jatigede Sumedang surut. (Foto: iNewsTv/Beben HVA)

SUMEDANG, iNews.id - Sejumlah makam keramat yang berada di wilayah genangan Waduk Jatigede, Sumedang, bermunculan. Areal permakaman leluhur Sumedang itu terlihat lagi akibat surutnya air Waduk Jatigede.

Areal permakaman keramat yang berada di kawasan Astana Cipaku, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, ini terlihat cukup bersih. Pemandangan seperti tidak terjadi setiap hari, namun hanya waktu-waktu tertentu atau di saat air Waduk Jatigede sedang surut. Kemunculan makam keramat ini sudah terjadi sejak sebulan yang lalu.

Akan tetapi, ketika debit air tinggi, maka areal permakaman ini akan kembali tergenang air. Di saat seperti itu, makam karuhun (leluhur) Sumedang tidak akan terlihat.

Ujang Suyatna, juru kunci makam mengatakan, kemunculan makam keramat cikal bakal pendiri Kerajaan Sumedang Larang ini hampir terjadi setiap tahun ketika musim kemarau. Jika musim hujan datang, debit air waduk kembali naik hingga areal makam tenggelam. 

"Kondisi seperti ini terjadi setiap tahun. Permakaman ini merupakan leluhur dari Sumedang," ujar Ujang, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, meski dalam keadaan tenggelam selalu ada warga yang berziarah ke kawasan makam tersebut. Mereka datang dari sejumlah daerah yang sengaja berziarah.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: