Ade Yasin Targetkan Hunian Sementara bagi Korban Longsor di Sukajaya Selesai Sebelum Puasa

Muhammad Fida Ul Haq ยท Senin, 03 Februari 2020 - 11:46 WIB
Ade Yasin Targetkan Hunian Sementara bagi Korban Longsor di Sukajaya Selesai Sebelum Puasa
Hasil pemotran udara wilayah Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor yang longsor. (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Bupati Bogor Ade Yasin mengimbau masyarakat yang terdampak logsor di Kecamatan Sukajaya tetap waspada. Dia mengatakan pemerintah akan segera membanguna hunian sementara yang ditargetkan selesai sebelum bulan puasa.

“Demi kenyamanan masyarakat, hunian sementara yang layak menjadi prioritas kami, dan pembangunan hunian tetap dipersiapkan selesai sebelum bulan ramadhan” kata Ade Yasin seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Bogor, Senin (3/2/2020).

Ade Yasin mengatakan walaupun berakhirnya masa tanggap darurat bencana, pihaknya tetap fokus untuk rehabilitasi, relokasi dan revegetasi kedepan. Dia akan terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen kebencanaan.

“Kami akan lakukan pemasangan sistem peringatan dini, normalisasi kembali sungai, penghijauan kembali lahan, serta edukasi untuk meningkatkan kapasitas desa tangguh bencana” kata Ade Yasin.

Cuaca buruk yang terjadi di awal tahun 2020 mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor terdampak banjir dan longsor. Longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Cigudeg, sedangkan banjir terjadi di Kecamatan Gunung Putri, dan Jasinga.

Bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Rabu (1/1/2020) itu menyisakan sebanyak 14.010 pengungsi yang berasal dari empat kecamatan. Dari Kecamatan Cigudeg sebanyak 922 orang, Kecamatan Sukajaya sebanyak 9.926 orang, Kecamatan Nanggung sebanyak 3.121 orang, dan Kecamatan Jasinga sebanyak 41 orang.

Peristiwa di awal tahun 2020 itu banyak menyebabkan kerusakan materiil, khususnya bangunan rumah ada sebanyak 1.092 unit rusak berat, 1.625 unit rusak sedang, dan 1.334 unit rusak ringan.

Kejadian tersebut juga menelan korban jiwa sebanyak delapan orang, dan tiga orang hilang yang kini sudah dinyatakan meninggal meninggal dunia. Kemudian, 12 orang mengalami luka berat, dan 517 orang mengalami luka ringan.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq