Ada Bilik Merah untuk Buang Hajat di Majalengka Mirip Telepon Umum di Inggris

Inin nastain · Jumat, 29 Januari 2021 - 21:45:00 WIB
Ada Bilik Merah untuk Buang Hajat di Majalengka Mirip Telepon Umum di Inggris
Bilik Merah ala Majelengka bukan telepon umum melainkan toilet. (Foto: iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id- Bilik merah di Inggris merupakan bilik telepon umum yang dirancang oleh Sir Giles Gilbert Scot pada 1924 silam. Kini di Majalengka juga hadir bilik merah yang desainnya persis seperti di Inggris, tapi bukan teelpon umum, melainkan untuk buang hajat.

Empat bilik merah tersebut sengaja dibuat di sekitar Gelanggang Generasi Muda (GGM) di Jalan KH Abdul Halim, Majalengka. Keempat bilik merah itu letaknya berdempetan di lokasi cukup strategis dengan warna merah menyala sehingga terlihat cukup mencolok.

Di bagian dalam, bilik itu memiliki warna dasar putih dan ukuran bilik merah sekitar 1x1 meter serta memiliki tinggi sekitar 5 meter yang dilengkapi beberapa lubang ventilasi.

Keberadaan empat bilik merah di GGM itu, sebagai bagian dari proses pembenahan GGM agar lebih nyaman bagi warga yang hendak buang air besar maupun kecil.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Agus Tamim mengatakan, toilet tersebut sengaja didesain demikian untuk mengubah kesan kumuh dan jorok terhadap toilet. "Ingin tempat pembuangan (toilet) itu menarik. Jangan sampai ada kesan yang namanya pembuangan itu jijik," kata Agus kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (29/1/2021).

"Tim pemda melalui dinas kami berusaha untuk membuat toilet agar didesan sedemikian rupa. Bagaimana agar tempat toilet itu jadi menarik," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: