6 Fakta Tewasnya AKBP Andi Nurwandi Jatuh dari Tebing Gunung Parang Purwakarta

Asep Supiandi, Antara ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 23:15:00 WIB
6 Fakta Tewasnya AKBP Andi Nurwandi Jatuh dari Tebing Gunung Parang Purwakarta
Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat selain memiliki panorama indah juga menyimpan cerita mistis dan legenda. (Foto: Okezone)

PURWAKARTA, iNews.id – Korps Bhayangkara kehilangan salah satu putra terbaiknya menyusul tewasnya Kasubid Yanmas OA Baintelkam Mabes Polri AKBP Andi Nurwandi akibat jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter di Gunung Parang, Desa Sukamulya, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Peristiwa yang terjadi Sabtu (14/12/2019) lalu itu mengejutkan warga karena selama ini belum pernah terjadi kecelakaan di gunung batu yang sering dijadikan tempat rekreasi petualangan. Bahkan, reputasi Gunung Parang cukup terkenal hingga banyak dijajal oleh pemanjat luar negeri.

Berikut enam fakta insiden jatuhnya AKBP Andi Nurwandi saat panjat tebing di Gunung Parang:

1. Naik Gunung Bersama Anak

AKBP Andi Nurwandi bersama anaknya, Rizqan (18) dan adiknya Aminullah Finaldi (3) sempat mendapat briefing mengenai tata cara prosedur pemanjatan.

Setelah itu, korban memulai pendakian di jalur yang ditempuh 300 meter. Tapi saat itu cuaca di sekitar Gunung Parang hujan, sehingga korban beristirahat bersama anak dan adiknya sebelum turun tebing.

2. Tali Sling Putus

Setelah hujan reda, korban turun pendakian dengan meniti anak tangga atau teknik via ferrata. Tak disangka, tali sling pengamannya terputus. Korban pun menghantam pepohonan dan bebatuan di dasar gunung dari ketinggian sekitar 50 meter.

3. AKBP Andi Dikenal sebagai Pendaki Gunung

Korban yang menjabat Kasubid Yanmas OA Baintelkam Mabes Polri itu dikenal sebagai pendaki gunung. Sebelum peritiwa nahas terjadi, korban diketauhi mendaki gunung bersama anaknya.

“Saat dievakuasi, detak jantungnya masih ada. Namun, korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit sekitar pukul 16.00 WIB," kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius.

4. AKBP Andi Nurwandi Pernah Jabat Kapolres Padangsidimpuan

AKBP Andi Nurwandi merupakan perwira menengah Polri yang menjabat Kasubid Yanmas OA Baintelkam Mabes Polri. Sebelumnya, AKBP Andi Nurwandi ditugaskan selama dua tahun sebagai Kapolres Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

5. Polisi Selidiki Penyebab Jatuhnya AKBP Andi

Polres Purwakarta masih menyelidiki penyebab jatuhnya AKBP Andi Nurwandi dari atas tebing Gunung Parang setinggi 50 meter. Penyelidikan itu untuk memastikan penyebab terjadinya insiden tersebut.

6. Jenazah Dimakamkan dengan Upacara Kedinasan

Jenazah AKBP Andi Nurwandi sudah dimakamkan pihak keluarga setelah diserahterimakan dari Polri di tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Jatijajar, Desa/Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dengan upacara kedinasan, Minggu (15/12/2019).

Editor : Kastolani Marzuki