Mengenal Gunung Parang Purwakarta, Tempat AKBP Andi Nurwandi Terjatuh saat Panjat Tebing

Vien Dimyati, Antara ยท Minggu, 15 Desember 2019 - 22:05:00 WIB
Mengenal Gunung Parang Purwakarta, Tempat AKBP  Andi Nurwandi Terjatuh saat Panjat Tebing
Gunung Parang di Purwakarta, Jawa Barat memiliki panorama yang eksotis dan menantang. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Selain Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ternyata memiliki objek wisata menarik khususnya bagi para pecinta uji adrenalin. Destinasi kekinian yang banyak diincar wisatawan tersebut yakni, Gunung Parang.

Beberapa tahun belakangan ini, Gunung Parang yang berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
memang sedang hits di kalangan traveler milenial.

Tidak sedikit dari mereka mengincar gunung ini untuk melakukan wisata ekstrem, yaitu panjat tebing. Tempat ini tak hanya diincar wisatawan lokal, Gunung Parang juga diincar wisatawan mancanegara. Gunung ini cocok bagi mereka yang suka dengan tantangan penuh adrenalin.

Seperti dilakukan Kasubid Yanmas OA Baintelkam Mabes Polri AKBP Andi Nurwandi. Dia bersama anak dan adiknya mencoba menguji tantangan meniti tebing gunung tersebut.

Namun nahas, mantan Kapolres Padangsidimpuan, Sumatera Utara itu jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter di Gunung Parang hingga tewas, Sabtu (14/12/2019) lalu. Dugaan sementara, tali sling pengaman yang dikenakan korban terputus. Korban pun menghantam pepohonan dan bebatuan di dasar gunung.

Kasatreskrim Polres Purwakarta AKP Handreas Adrian mengatakan, sebelum mendaki, korban bersama anaknya Rizqan (18) dan adiknya Aminullah Finaldi (3) sempat mendapat briefing mengenai tata cara prosedur pemanjatan.

Setelah itu, korban memulai pendakian di jalur yang ditempuh 300 meter. Tapi saat itu cuaca di sekitar Gunung Parang hujan, sehingga korban beristirahat bersama anak dan adiknya sebelum turun tebing.

“Saat hujan reda, korban turun pendakian dengan meniti anak tangga atau teknik via ferrata. Tak disangka, korban tergelincir dan jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter,” katanya, Minggu (15/12/2019).

Diketahui, Gunung Parang memiliki daya tarik yang memikat pendaki dan pemanjat tebing. Gunung ini memiliki jalur pendakian unik. Spot panjat tebingnya tertinggi di Indonesia.

Gunung parang berketinggian 930 mdpl menjadi gunung batu andesit tertinggi di Indonesia, sekaligus lokasi wisata panjat tebing tertinggi kedua Asia. Tak heran jika Gunung Parang menjadi favorit pendaki mancanegara.

Keistimewaan lain dari Gunung ini adalah memiliki tiga puncak berbeda, yaitu tower I, tower II, dan tower III. Setiap puncak memiliki karakteristik berbeda sebagai jalur panjat tebing dan pendakian.

Berada di atas puncak Gunung Parang, Anda akan melihat keindahan alam Purwakarta yang menakjubkan. Dari kejauhan Anda akan melihat Sungai Citarum, Waduk Jatiluhur, dan gunung-gunung batu andesit seperti Gunung Bongkok dan Gunung Lembu.

Gunung Parang berada di Kampung Cirangking, Desa Pasanggrahan. Untuk bisa sampai di lokasi, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam berkendara dari Jakarta atau dua jam dari Bandung.

Editor : Kastolani Marzuki