51 Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Bandung Positif Covid-19

Arif Budianto · Senin, 08 Februari 2021 - 11:37:00 WIB
51 Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Bandung Positif Covid-19
Petugas saat akan melakukan desinveksi ke Lapas Sukamiskin. (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG - Sebanyak 51 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) baik kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung, terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Sebanyak 51 napi itu diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 setelah Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) dan Lapas Sukamiskin menggelar tes swab PCR pada Kamis (4/2/2021) lalu. 

Tes swab massal tersebut diikuti oleh 458 orang, perinciannya 358 napi dan 100 petugas Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jawa Barat.

Namun dari total 51 napi positif Covid-19 itu, Setya Novanto alias Setnov tidak termasuk di dalamnya. Napi koruptor e-KTP itu dinyatakan negatif Covid-19.

Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan, berdasarkan hasil tes swab pekan lalu, sebanyak 51 napi dinyatakan terkonfirmasi positif. Sedangkan petugas yang ikut swab tak ada yang positif.

"Dari 51 yang positif seluruhnya napi korupsi. Saat ini, 47 napi melakukan isolasi mandiri di sel masing masing dan empat orang sedang dilakukan perawatan di rumah sakit," kata Asep, Senin(8/2/2021).

Menurut dia, pihaknya tidak bisa memastikan mereka terpapar dari mana. Karena perlu tracing secara cermat. Namun, kata dia, selama pandemi Lapas Sikamiskin ditutup untuk kunjungan. Hanya pengacara yang masih berproses dengan napi yang bisa masuk. 

"Kami tidak tau (mereka terpapar virus Corona) dari mana. Tracking kan tidak mudah. Apalagi kunjungan juga di-stop. Kami sudah lakukan protokol kesehatan dan tidak ada kunjungan," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, napi korupsi e-KTP Setya Novanto alias Setnov dan ratusan narapidana kasus korupsi, menjalani swab test PCR menyusul enam orang di Lapas Sukamiskin yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Kepala Bagian Tata Usaha Lapas Sukamiskin Yunus Ananto mengatakan, total warga binaan Lapas Sukamiskin Bandung 358 orang. Semua ikut swab test, berikut 100 petugas lapas. Jadi total yang ikut tes swab 458 orang.

"Kemarin itu kami lakukan tes secara acak. Terdapat enam orang positif. Satu orang sudah diisolasi di rumah sakit dan lima lainnya isolasi mandiri di dalam (Lapas Sukamiskin)," kata Yunus.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: