400 Warga Bandung Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Agus Warsudi, Sindonews ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:33 WIB
400 Warga Bandung Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 (foto: ist)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 400 warga Kota Bandung, Jawa Barat sudah mendaftarkan menjadi relawan uji klinis vaksin virus corona atau Covid-19. Pendaftaran relawan tersebut mulai dibuka sejak 28 Juli hingga 31 Agustus 2020.

"Kalau yang hari ini belum dihitung. Hanya yang kemarin 400 orang," kata Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Eddy Fadlyana, Kamis (30/7/2020).

Eddy mengatakan relawan yang mendaftar baru mengirimkan kartu tanda penduduk. Mereka belum dipastikan menjadi relawan karena harus menjalani pengecekan kesehatan oleh tim dokter.

"Belum (lolos jadi relawan). Mereka baru ngirim KTP. Agustus pertengahan untuk cek kesehatan oleh dokter," ujar dia.

Relawan yang mendaftar harus berdomisili di Kota Bandung. Sebagian dari mereka, mendaftar dengan mendatangi puskesmas yang disiapkan menjadi lokasi uji klinis dan menghubungi kontak WhatsApp yang tertera.

Fasilitas kesehatan yang ditunjuk menggelar uji klinis vaksin corona tersebut antara lain, Puskesmas Dago, Garuda, Ciumbuleuit, dan Sukaparkir. Selain sehat dan berdomisili di Bandung, relawan juga harus berada dalam rentang usia 18 hingga 59 tahun.

"Awalnya mereka datang ke puskesmas dulu, ingin daftar. Terus mereka kontak lewat WA," kata Eddy.


Editor : Faieq Hidayat