38 Puskesmas di Kota Depok Tak Kurangi Jam Operasional saat Ramadan

Nani Suherni ยท Sabtu, 25 April 2020 - 14:45 WIB
38 Puskesmas di Kota Depok Tak Kurangi Jam Operasional saat Ramadan
Ilustrasi Puskesmas Cilodong. (Foto: dok Pemkot Depok)

DEPOK, iNews.id - Bulan Ramadan tidak memengaruhi kinerja pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas di Kota Depok. Pasalnya, selama bulan puasa, 38 Puskesmas di Kota Depok tetap buka dan memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita menjelaskan, petugas kesehatan harus terus menjadi garda terdepan untuk masyarakat. Terlebih saat pandemi Covid-19.

"Pelayanan kesehatan tidak ada perubahan, buka pukul 07.30 hingga 14.30 WIB setiap harinya," kata Novarita dikutip website resmi Pemkot Depok, Sabtu (25/4/2020).

Novarita menuturkan, untuk pelayanan 24 jam di Puskesmas juga tetap berjalan. Selain itu, imbuhnya, petugas juga harus melakukan tindakan maksimal dengan memberikan pelayanan terpisah.

"Upaya pencegahan Covid-19 di Puskesmas terus kami lakukan, pelayanan diberikan secara terpisah dengan pasien yang mengalami gejala demam, batuk, dan flu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari menambahkan, selama pandemi Covid-19 jumlah kunjungan pasien terus mengalami penurunan. Pihaknya akan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak datang ke fasilitas pelayanan kesehatan jika tidak sakit darurat.

"Terus kami sampaikan agar masyarakat tetap di rumah saja, jangan ke fasilitas pelayanan kesehatan kalau tidak sakit berat," ujarnya.


Editor : Nani Suherni