Geger Pekerja di Cirebon Temukan 500 Benda Diduga Mortir Peninggalan Perang

Toiskandar ยท Sabtu, 25 April 2020 - 06:31:00 WIB
Geger Pekerja di Cirebon Temukan 500 Benda Diduga Mortir Peninggalan Perang
Benda diduga mortir di bukit penambangan di Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon (Foto: Istimewa)

CIREBON, iNews.id - Sejumlah pekerja tambang pembuatan semen di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat (24/3/2020) digegerkan penemuan ratusan benda diduga mortir. Ratusan benda diduga mortir ini ditemukan dalam kondisi berkarat.

Sebanyak 500 benda diduga mortir ini ditemukan di salah satu bukit penambangan PT Indocemen di Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Guna keamanan, petugas dari Polresta Cirebon dan Satbrimob Polda Jabar memberikan garis polisi.

"Pekerja tambang saat itu langsung menghubungi Polres Cirebon. Kami sudah ke TKP dan sudah diamankan, untuk diteliti lebih lanjut oleh Satbrimob Polda Jabar," ujar Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, Jumat (24/4/2020).

Syahduddi mengatakan, kondisi benda diduga mortir tersebut saat ditemukan sudah berkarat. Dia belum bisa memastikan, benda tersebut peninggalan penjajah zaman Belanda atau Jepang.

Hingga saat ini petugas masih melakukan penelitian dan menunggu tim gegana untuk memastikan daya yang terkandung di dalam benda sejenis mortir tersebut.

"Kita menunggu ahlinya dari tim Jibom, apakah barang diduga mortir ini masih memiliki daya ledak atau tidak. Kita hanya mengamankannya," ucapnya.

Editor : Nani Suherni