35 Korban Tewas Miras Oplosan di Cicalengka Mabuk di Tempat Berbeda

Yogi Pasha · Selasa, 10 April 2018 - 13:51:00 WIB
35 Korban Tewas Miras Oplosan di Cicalengka Mabuk di Tempat Berbeda
Petugas RSUD Cicalengka Bandung membawa jenazah salah satu dari 11 korban tewas pesta miras oplosan. (Foto: iNews.id/Mujib Prayitno)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 35 korban tewas akibat minuman keras (miras) oplosan yang terjadi di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung , Jawa Barat (Jabar)berasal dari empat lokasi berbeda. Hasil pemerksaan polisi, seluruh korban tewas mendapatkan minuman haram tersebut dari satu penjual yang sama.

Kapolda Jabar Irjen Polisi Agung Budi Maryoto mengaku, prihatin atas korban tewas yang mencapai puluhan orang akibat miras oplosan yang terjadi di sejumlah daerah di Jabar. Khusus di Cicalengka, kata dia, sebanyak 35 orang tewas sia-sia. Dia menerangkan, sulurh korban tewas mengonsumsi miras oplosan tersebut di sejumlah tempat berbeda dan tidak saling mengenal antarkorban.

"Para korban tidak minum di tempat yang sama secara bersama-sama. Namun, penjual mirasnya sama dan sudah kami tangkap," ujar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, di Bandung, Selasa (10/4/2018).

Sementara, korban tewas juga terjadi di Kota Bandung yang merenggut empat nyawa. Irjen Pol Budi Maryoto mengatakan, korban di Kota bandung juga mendapatkan barang haram memetikan tersebut dari penjual yang sama. Bahkan, kata dia, kasus miras yang juga memakan korban di Kabupaten Sukabumi sebanyak enam orang tewas juga berasal dari sumber yang sama.

"Semua penjual sudah kami amankan. Kami sedang kembangkan apakah di atas penjual ini sama atau tidak," ungkapnya.

Dia mengatakan, miras oplosan yang dikonsumsi para korban telah dicapur sejumlah bahan kimia. Parahnya, kata dia, bahan kimia yang masuk ke dalam minuman tersebut adalah pelembab anti nyamuk, obat batuk, dan sejumlah bahan lain yang membahayakan kesehatan.

"Korban membeli miras ini sudah ada yang dioplos dan ada juga yang mencampur sendiri. Misalnya kasus yang di Polrestabes Bandung, mereka mengoplos sendiri dengan Autan, obat batuk Komix dan bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan," ujarnya.

Editor : Achmad Syukron Fadillah

Bagikan Artikel: