3 Warga KBB Nekat Gadaikan 24 Mobil Rental, Modus Dipakai Antar Penumpang

Sindonews, Adi Haryanto · Jumat, 23 Oktober 2020 - 17:05:00 WIB
3 Warga KBB Nekat Gadaikan 24 Mobil Rental, Modus Dipakai Antar Penumpang
Barang bukti mobil milik rental yang digadaikan pelaku. (Foto/SINDOnews/Adi Haryanto).

CIMAHI, iNews.id - Tiga pelaku Asep Wikayandi, Engkos Kosasih, dan Ayi Kurnia, nekat menggadaikan 24 mobil yang dipinjam dari tempat rental di Padalarang dan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Modus pelaku pura-pura pakai mobil itu untuk mengantarkan penumpang.

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan, penangkapan para pelaku dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari korban. Bahkan penangkapan pelaku kurang dari 24 jam seusai korban membuat laporan di Mapolres Cimahi.

"Tiga orang yang berhasil kami amankan. Penangkapannya cukup cepat, korban lapor pada Kamis (22/10/2020) pagi, dan kurang dari 24 jam para pelaku itu berhasil ditangkap," kata AKBP M Yoris didampingi Kasatreskrim AKP Yohannes Redhoi Sigiro, Jumat (23/10/2020).

AKBP M Yoris mengemukakan, pelaku menjanjikan iming-iming pembagian keuntungan setiap bulannya dari setiap unit mobil yang direntalkan oleh pemiliknya. Satu pemilik mobil dijanjikan mendapat uang keuntungan Rp5 juta/bulan.

Namun itu hanya akal-akalan dari pelaku agar para korbannya mau meminjamkan mobil mereka. Padahal setelah mobil dikuasai oleh pelaku mobil tersebut digadaikan senilai Rp15-25 juta/satu unit kendaraan.

Penipuan itu terbongkar setelah korban tidak pernah menerima uang yang dijanjikan. Padahal mobil mereka sudah diserahkan ke pelaku untuk direntalkan sejak bulan Juni 2020.

"Jadi korban merasa kecewa, janji keuntungan uang tidak ada, dan mobil mereka juga tidak kembali. Pelaku sudah melancarkan aksinya sejak bulan Juni, dan terancam Pasal 372 dan juga 378 serta Pasal 55 atas turut serta, dengan hukuman 5 tahun penjara,” ujar dia.

Editor : Faieq Hidayat