20 Tempat Menarik di Bandung Jawa Barat, Nomor 10 Wajib bagi Wisatawan

Salsabilla Nur Rizki ยท Jumat, 17 September 2021 - 22:13:00 WIB
20 Tempat Menarik di Bandung Jawa Barat, Nomor 10 Wajib bagi Wisatawan
Cihampelas Walk (Ciwalk), Jalan Cihampelas, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - 20 Tempat Menarik di Bandung ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan kamu bersama teman-teman ataupun keluarga. Mulai dari merasakan suasana kota Bandung yang ramai hingga menepi ke arah pegunungan untuk menikmati suasana tenang dan sejuk akan hadir dalam daftar rekomendasi ini.

Mulai dari kalangan remaja hingga orang tua seringkali memilih Bandung sebagai tempat berlibur singkat bagi mereka yang lelah akan kesibukan ibukota. Suasana Kota Bandung yang ramah dan menawarkan banyak tempat unik menjadi salah satu alasan Bandung dipilih sebagai destinasi liburan. 

20 tempat menarik di Bandung ini bisa menambah daftar tempat yang harus kamu kunjungi jika singgah ataupun bagi kamu warga Bandung yang sedang mencari tempat unik di kotamu, telah dirangkum pada Jumat (17/09/21).

1. Chingu Cafe Bandung

Chingu Cafe Bandung, kafe bernuansa Korea. (Foto: Istimewa)
Chingu Cafe Bandung, kafe bernuansa Korea. (Foto: Istimewa)

Kamu penggemar Kpop dan juga K Food? Pas banget nih dengan tema yang ditawarkan oleh Chingu Cafe Bandung yang memiliki dua cabang di Buahbatu dan Tamansari. Kamu bisa menikmati makan makanan Korea dengan nuansa seakan-akan kamu makan di negara aslinya. Kamu bisa menemukan makanan khas Korea mulai dari tteokbokki, bibimbap, kimbap, odeng, serta minuman dengan daftar nama yang unik.

2. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung. (Foto: Istimewa)
Trans Studio Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

Trans Studio Bandung menjadi salah satu tempat yang menjadi alasan banyak pendatang atau pun wisatawan pergi ke Bandung. Tempat wisata ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung dan merupakan Trans Studio kedua yang didirikan di Indonesia setelah Trans Studio Makassar. 

Selain taman hiburan yang menyediakan wahana indoor, tempat ini juga terdiri atas pusat perbelanjaan dan hotel yang bisa menjadi paket lengkap liburan kamu di Bandung.

3. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Fofo: Dokumentasi KORAN SINDO)
Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Fofo: Dokumentasi KORAN SINDO)

Berada persis di depan Alun-alun Kota Bandung, Masjid Raya Bandung sudah menjadi seperti ikon kota ini. Masjid Raya Bandung seringkali menjadi destinasi umat Islam ketika berkunjung ke Bandung. 

Ada sebagian yang berkunjung hanya karena kebetulan berada di sekitar wilayah itu dan ada juga yang sengaja berkunjung untuk merasakan sholat di Masjid Raya Bandung yang megah ini.

4. Tegallega Lampion Park

Tegallega Lampion Park, Jalan BKR, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Tegallega Lampion Park, Jalan BKR, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

Tegallega Lampion Park atau yang sering disebut sebagai Taman Lampion Tegallega ini menjadi salah satu tempat unik di Kota Bandung. Jika kamu sedang ingin berada di luar lapangan sambil berjalan-jalan kecil bersama keluarga ataupun teman, kamu bisa mengunjungi taman ini. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini adalah pada malam hari, karena kamu akan melihat lampion-lampion yang menyala dengan cantik di taman ini.

5. Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung. (Foto: DOKUMENTASI/KORAN SINDO)
Alun-alun Bandung. (Foto: DOKUMENTASI/KORAN SINDO)

Tempat unik lainnya di Kota Bandung yang bisa kamu kunjungi adalah Alun-alun Kota Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika. Alun-alun yang kini telah disulap menjadi sangat cantik oleh Pemerintah Kota Bandung menjadi tempat favorit warga Bandung dan wisatawan untuk duduk-duduk manis di atas rumput sintetis.

6. Peta Park

Peta Park, Jalan Peta, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Peta Park, Jalan Peta, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

Ingin berjalan-jalan santai di taman yang hijau? Kamu bisa datang ke Jalan Peta, tepatnya Peta Park. Salah satu taman di Bandung ini sering dikunjungi oleh warga lokal dan wisatawan dari luar Bandung. 

Wisata di Jalan Asia Afrika, selain berfoto di gedung-gedung bersejarah, pengunjung juga bisa foto bareng hantu dan cosplay superhero. (Foto: Dokumentasi/SINDOnews)
Wisata di Jalan Asia Afrika, selain berfoto di gedung-gedung bersejarah, pengunjung juga bisa foto bareng hantu dan cosplay superhero. (Foto: Dokumentasi/SINDOnews)

Jalan Asia Afrika merupakan jalan bersejarah bagi Kota Bandung maupun Indonesia. Di sepanjang jalan ini kamu bisa menemukan beberapa hal unik, seperti pada malam hari kamu akan melihat beberapa orang berdandan seperti hantu ataupun cosplay karakter tertentu di sana.

8. Jalan Braga Bandung

Siapa yang tidak tahu Jalan Braga Bandung? Jalan

Jalan Braga, Kota Bandung. (Foto: iNews.id/Agus Warsudi)
Jalan Braga, Kota Bandung. (Foto: iNews.id/Agus Warsudi)

ini bisa dibilang cocok bagi anak muda, karena banyak tempat nongkrong yang digemari. Bagi kamu yang ingin menikmati atmosfer Bandung bersama teman-teman, bisa nih mengunjungi Jalan Braga Bandung.

9. Taman Film 

Taman Film di bawah flyover Pasupati, kawasan Balubur, Tamansari, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Taman Film di bawah flyover Pasupati, kawasan Balubur, Tamansari, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

Bandung dikenal juga sebagai kota kreatif karena banyak taman dan ruang terbuka bagi para warganya agar bisa beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan orang lain melalui kegiatan positif. 

Taman Film ini terletak di bawah flyover Pasupati Bandung, Kawasan Balubur, Tamansari, Kota Bandung yang mengambil lahan di ruang terbuka kecil agar masyarakat yang berkunjung masih bisa merasakan udara luar ruangan. Taman ini sangat cocok jika kamu ingin membawa adik kecil, anak, ataupun keponakan kamu yang sedang aktif-aktifnya.

10. Ciwalk

Cihampelas Walk (Ciwalk), Jalan Cihampelas, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Cihampelas Walk (Ciwalk), Jalan Cihampelas, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

Cihampelas Walk (Ciwalk) bisa dibilang adalah salah satu tempat wajib dikunjungi jika wisatawan berkunjung ke Bandung. Ciwalk merupakan pusat perbelanjaan yang bertemakan semi outdoor karena menyediakan ruang indoor untuk beberapa tenant dan juga outdoor untuk beberapa tenant.

11. Dago Dream Park
Jika Kamu sedang berkunjung atau Kamu warga Bandung yang sedang ingin berlibur bersama keluarga atau rombongan temanmu, Dago Dream Park bisa menjadi pilihan. Di sini Kamu akan menemukan banyak spot foto unik dan beberapa fasilitas bermain seperti dayung kapal, Tarzan cross, dan lainnya.

12. Curug Dago
Bosan dengan tempat wisata atau unik di kota? Kamu bisa ke Jalan Dago Pojok untuk singgah di Curug Dago. Keindahan alam yang ditawarkan akan membawa Kamu ke dalam ketenangan dan juga sejuknya udara di sekitar curug atau air terjun ini akan membuat nyaman.

13. Rabbit Town
Kamu seorang yang fotogenik? Suka mengambil gambar ataupun suka difoto di tempat yang unik? Rabbit town mungkin cocok bagi kamu nih. Rabbit town sendiri berisi banyak pilihan spot foto mulai dari foto di ruang yang terdapat instalasi seni hingga beberapa patung yang dipahat menyerupai beberapa tokoh yang ada di Indonesia.

14. Vilo Gelato Bandung
Ingin makan gelato namun dengan konsep unik? Kamu bisa datang ke Vilo Gelato Bandung di kawasan Ciumbuleuit. Kamu bisa menikmati gelato dengan tema outdoor bersama temanmu di sini. Harga gelato dibanderol Rp20.000-an saja.

15. Rumah Mode
Sepertinya semua wisatawan yang datang ke Bandung tidak afdol rasanya jika tidak berkunjung ke Rumah Mode sebelum pulang ke daerah masing-masing. Rumah Mode merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Bandung, mulai dari permen hingga produk Kartika Sari ada di sini. Tidak jarang kamu juga akan menemukan beberapa merek jajanan lokal produksi Bandung.

16. Mal Paris van Java
Paris van Java menambah daftar pusat perbelanjaan bertema semi outdoor. Pusat perbelanjaan Jalan Sukajadi ini memiliki lahan sangat luas dan juga digemari anak mudah Bandung maupun wisatawan. Kamu bisa mendapatkan pengalaman berjalan-jalan di sebuah mal sambil menikmati sinar dan udara luar ruangan di mal yang disingkat sebagai PVJ ini.

17. Wana Wisata Batu Kuda Camp Ground
Jika kamu mencari tempat kamping di daerah Cileunyi Bandung, kamu bisa mampir ke Wana Wisata Batu Kuda ini. Tempat ini bisa menjadi pilihan kamu yang ingin berlibur atau sekadar short escape dari penatnya pekerjaan sehari-hari.

18. Farm House Susu Lembang
Farm House Susu lembang bisa menjadi pilihan tempat unik lain yang bisa kamu kunjungi. Melipir sedikit dari Kota Bandung ke kawasan Lembang, kamu bisa menikmati liburan outdoor dengan udara sejuk dan pengalaman dekat dengan alam dan hewan di sini. Kamu bahkan bisa bermain dengan domba.

19. Floating Market Lembang
Masih di Lembang, kamu bisa berwisata kuliner di Floating Market Lembang. Banyak pilihan makanan yang disediakan oleh berbagai tenant disana dengan harga yang beragam. 

Cara pembayaran yang diterapkan adalah membeli koin seharga Rp5.000-Rp50.000 yang disediakan oleh kasir dan memberikan koin tersebut kepada penjual di tenant. Hal ini yang menjadi alasan mengapa Floating Market Lembang masuk ke dalam daftar tempat unik di Bandung yang harus kamu kunjungi.

20. Nuansa Riung Gunung
Nikmati suasana gunung dan kebun teh yang hijau di Nuansa Riung Gunung Bandung. Kamu yang butuh tempat untuk short healing dari kepenatan kota bisa singgah di sini untuk sekadar menenangkan diri di tengah kebun teh dengan cuaca asri dan sejuk.

Itulah daftar 20 tempat unik di Bandung yang bisa kamu kunjungi ketika liburan ataupun kamu warga Bandung yang sedang ingin jalan-jalan dengan teman dan keluargamu.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: